HOME, Keluarga

Menanam Secara Hidroponik Tawarkan 4 Keuntungan Ini Loh, Tertarik?

Menanam Secara Hidroponik Tawarkan 4 Keuntungan Ini Loh, Tertarik?

MOMSMONEY.ID - Hidroponik adalah metode menanam dengan memanfaatkan air sebagai media tanam. Pemenuhan nutrisi tanaman juga dilarutkan dalam media air tersebut, yang kemudian bisa diserap langsung oleh tanaman.

Dilansir dari Wikipedia.org, sistem hidroponik bisa digunakan untuk mengatasi kekurangan lahan yang semakin tahun semakin sempit. Selain itu, ada keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dari menanam secara hidroponik ini. Apa saja?

Baca Juga: Sedang Tren, Ini 5 Tanaman Hias Daun yang Paling Banyak Diminati

Hemat Air

Menanam dengan hidroponik menawarkan pengelolaan tanaman yang mudah dan lebih hemat air. Meski beberapa sistem hidroponik berupa sistem pengairan air melalui pipa yang terus mengalir, tetapi air yang mengalir akan kembali ke penampungan dan terus berputar dalam mengairi lahan.

Air yang terus melalui perputaran tersebut tak akan terbuang dan dapat terus digunakan untuk menutrisi tanaman selama Anda memberikan pelarut nutrisi kepada air. Bahkan, efisiensi pemakaian air dalam hidroponik mencapai 10% dari air yang diperlukan tanaman untuk tumbuh di tanah. Sistem ini sangat cocok digunakan oleh wilayah pertanian atau perumahan yang memiliki persediaan air terbatas.

Tidak Membutuhkan Lahan Luas

Menanam hidroponik tidak membutuhkan banyak lahan. Dengan lokasi seadanya, Anda dapat melakukan kegiatan bercocok tanam dengan hidroponik. Ini tentu bergantung dengan sistem hidroponik yang Anda gunakan. Misalnya, Anda menanam secara horizontal atau vertikal, bertumpuk atau bertingkat, dan sebagainya.

Baca Juga: Sebelum Bercocok Tanam, Kenali Dulu Karakteristik Tanah Masam dan Penyebabnya

Lebih Bersih, Mudah, dan Jarang Terkena Penyakit

Sistem budidaya tanaman hidroponik tidak membutuhkan tanah atau pupuk, sehingga proses berkebun menjadi lebih bersih dan mudah. Anda tak perlu repot-repot mengganti tanah, memberi pupuk, menyirami, dan mengecek kondisi akar dengan mencongkelnya dari tanah, sehingga Anda dapat menghemat tenaga untuk menanam tanaman.

Sistem hidroponik juga tidak menghasilkan limbah yang berbahaya untuk lingkungan. Selain itu, tanaman hidroponik akan jarang terserang penyakit karena tanaman terus mendapatkan nutrisi dari air yang mengalir di sepanjang pipa.

Kualitas yang Dihasilkan

Nutrisi yang terdapat dalam air mengalir dalam sistem hidroponik akan lebih mudah diserap oleh tanaman. Hasilnya, proses pertumbuhan tanaman lebih baik karena nutrisi bisa langsung diserap. Pertumbuhannya pun lebih cepat, sehingga keuntungan yang didapatkan semakin meningkat.

Dilansir dari Bibitonline.com, sistem hidroponik memungkinkan Anda untuk menanam buah dan sayur dengan hasil produksi maksimum tanpa bergantung pada pengaruh cuaca, sehingga bisa menjamin ketersediaan sayur dan buah segar di rumah. Dengan hasil tanaman yang berkualitas, Anda dapat menjualnya untuk mendapatkan keuntungan dalam bentuk lain.

Selanjutnya: Jangan Asal Tanam, Pot Terlalu Besar Bisa Membuat Pertumbuhan Tanaman Tak Seimbang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News