Keluarga

5 Bahan Comedogenic yang Bisa Menyumbat Pori-Pori dan Menyebabkan Jerawat

5 Bahan Comedogenic yang Bisa Menyumbat Pori-Pori dan Menyebabkan Jerawat

MOMSMONEY.ID - Jangan lupa dicatat, ini 5 bahan comedogenic yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Selain makeup dan kotoran, pori-pori tersumbat juga dapat disebabkan oleh penggunaan bahan-bahan yang bersifat comedogenic (cenderung menyumbat pori-pori).

Jika terus-menerus digunakan, bahan comedogenic bisa meningkatkan kemungkinan terbentuknya jerawat.

Pada orang-orang yang memiliki kulit berminyak atau acne-prone, penggunaan bahan-bahan comedogenic dapat memperparah kondisi jerawat dan bahkan menyebabkan jerawat tanpa henti.

Setelah mengetahui berbagai risikonya, kini saatnya bagi Anda untuk mempelajari bahan-bahan apa saja yang tergolong comedogenic dan sebaiknya dihindari.

Melansir laman Byrdie, berikut 5 bahan comedogenic yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat:

Baca Juga: 4 Rekomendasi Hydrating Toner Terbaik dengan Harga Terjangkau

 Ilustrasi Minyak Kelapa (Coconut)

1. Coconut oil

Meskipun menyimpan berbagai manfaat kesehatan, faktanya coconut oil atau minyak kelapa memiliki sifat yang sangat comedogenic terutama jika dioleskan pada wajah.

Coconut oil tidak mudah terserap ke dalam kulit, sehingga residunya dapat menjebak bakteri dan sel kulit mati. Hal ini tentu bisa sangat merugikan para pemilik kulit acne-prone.

2. Petroleum jelly

Kerap digunakan dalam berbagai tren kecantikan, petroleum jelly termasuk bahan comedogenic lainnya yang patut dihindari khususnya oleh para pejuang jerawat.

Formula petroleum jelly yang sangat tebal bisa bertahan di permukaan kulit dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Penggunaan petroleum jelly pada wajah juga rentan menyebabkan penumpukan minyak dan sel kulit mati yang pada akhirnya dapat berubah menjadi jerawat.

3. Cocoa butter

Bahan-bahan yang mengandung asam oleat berkonsentrasi tinggi seperti cocoa butter cenderung bersifat comedogenic. Itulah mengapa cocoa butter patut Anda hindari jika tidak mau pori-pori menjadi tersumbat.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan shea butter yang mampu melembabkan kulit sebaik cocoa butter tanpa menyumbat pori-pori.

Baca Juga: Pahami 4 Cara Membuat Kulit Wajah Kenyal dan Lembab, Harus Coba!

4. Silicone

Silicone lebih sering ditemukan dalam produk makeup khususnya primer daripada skincare. Menurut seorang dermatologist bernama Melanie Palm, MD, silicone merupakan salah satu bahan yang sangat comedogenic.

Jadi, pastikan Anda menghindari bahan yang satu ini apabila tidak mau komedoan atau jerawatan akibat pori-pori tersumbat. Selalu ingat juga untuk menghindari turunan silicone termasuk cyclomethicone dan dimethicone.

5. Lanolin

Lanolin adalah bahan oklusif atau bahan pelembab lainnya yang memiliki sifat comedogenic.

Lanolin dapat memperburuk kondisi jerawat dengan menciptakan lapisan di atas permukaan kulit sekaligus menjebak sel kulit mati, bakteri, dan minyak di dalam pori-pori.

Demikian 5 bahan comedogenic yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Pastikan untuk menghindarinya terutama jika kulit Anda bertipe acne-prone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News