HOME, Bugar

5 Bahan Alami Bantu Jaga Kulit dari Bahaya Paparan Sinar Matahari

5 Bahan Alami Bantu Jaga Kulit dari Bahaya Paparan Sinar Matahari

MOMSMONEY.ID - Bahaya paparan sinar matahari membuat kulit terlihat kusam, muncul tanda-tanda penuaan bahkan yang lebih buruk mengalami kanker kulit. Walaupun memang dibalik itu, sinar matahari memberikan efek baik juga untuk kulit pada pagi hari dan tidak berjemur terlalu lama.

Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di luar atau pun dalam ruangan, pentingnya untuk memilih produk skincare yang tepat. Melansir dari natur-e.co.id, berikut beberapa bahan alami yang bisa menjaga kulit dari bahaya sinar matahari, yaitu: 

1. Minyak Kelapa

Bahan alami pertama yang bantu jaga kulit dari bahaya sinar matahari adalah minyak kelapa. Bahan alami ini telah lama digunakan di dunia kecantikan karena kaya kana nutrisi yang baik bagi tubuh. Tidak heran jika minyak kelapa digunakan untuk merawat kesehatan kulit, salah satunya melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Cara membuatnya cukup mudah yaitu lelehkan minyak kelapa murni. Tambahkan ke dalamnya ½ cangkir shea butter, ½ cangkir zinc oxide dan ½ cangkir air. Kemudian, campurkan dan masukkan ke dalam toples, lalu simpan di tempat yang sejuk dan gunakan setiap kali ke luar rumah sebagai tabir surya alami yang efektif.

2. Daun Teh

Bahan alami selanjutnya adalah daun teh. Daun teh mengandung antioksidan  yang tinggi dan dikenal sebagai penghalang sinar matahari yang cukup ampuh. Cara mengolahnya yaitu ambil dua sendok teh dan rendam dalam setengah gelas air semalam.

Keesokan harinya, pisahkan daun teh dari airnya lalu gunakan untuk tabir surya buatan yang mudah dan murah. Selanjutnya, masukkan ke dalam botol semprot untuk memudahkan penggunaannya setiap pagi.

Baca Juga: Pahami 4 Manfaat Riboxil untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

3. Shea Butter

Shea butter juga termasuk bahan alami yang mampu menangkal bahaya dari paparan sinar matahari. Sebelumnya shea butter dikenal sebagai pelembap yang ampuh mengatasi kulit kering dan bersisik. Namun tidak banyak yang tahu bahwa bahan ini juga mengandung kemampuan menjaga kulit dari sinar matahari.

Oleskan shea butter untuk menghalangi efek berbahaya dari sinar matahari dan menjaga kulit tetap lembap sepanjang hari. Setara dengan SPF 4-6, kombinasikan dengan bahan lain untuk meningkatkan perlindungan dari sinar UV, seperti red raspberry seed oil yang memiliki SPF 25-50.

4. Zinc Oxide

Bahan alami berikutnya adalah zinc oxide. Krim yang mengandung Zinc Oxide dikenal bermanfaat untuk mengobati dan mencegah ruam di kulit akibat popok atau iritasi kulit ringan. Ternyata bahan ini juga bisa melindungi kulit Anda dari bahaya paparan sinar matahari.

Caranya Anda bisa membuat campuran lotion tabir surya alami dengan dua sendok Zinc Oxide dan lotion yang tidak mengandung minyak sitrus. Campuran ini setara dengan SPF 2-20 yang efektif menangkal dampak buruk sinar UV, tergantung seberapa banyak campuran ini dioleskan pada kulit.

5. Minyak Biji Gandum

Bahan alami lainnya yang menjaga kulit dari paparan sinar matahari yaitu minyak biji gandum. Selain menyegarkan kulit, minyak biji gandum juga dapat dimanfaatkan sebagai tabir surya yang cukup efektif menghalau sinar matahari. Dalam bentuk mentah, minyak alami ini setara dengan SPF 20 yang mampu melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV seperti tersengat, kering, kusam, dan tanda penuaan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News