HOME, Bugar

Pahami 4 Manfaat Riboxil untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Pahami 4 Manfaat Riboxil untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Riboxil atau D-ribosa adalah jenis karbohidrat yang memiliki peran penting untuk tubuh. Riboxil berasal dari gula yang diekstrak dari biji jagung. 

Pada dunia kecantikan riboxil telah lama dimanfaatkan untuk merawat kulit, Anda bisa temukannya dalam bentuk supplement atau body lotion.

Agar lebih memahami betapa pentingnya riboxil untuk kulit, berikut manfaat riboxil untuk kesehatan dan kecantikan kulit dilansir dari natur-e.co.id, yaitu: 

1. Sumber Energi

Riboxil bisa menjadi sumber energi untuk tubuh dimana berfungsi meningkatkan adenosine triphosphate (ATP) atau sumber energi yang paling penting dalam sel. Agar sel-sel kulit dapat berfungsi efisien, sel harus menjaga ATP dalam kondisi yang maksimal.

Setiap sel memiliki cadangan ATP tapi jumlahnya terbatas dan harus dipertahankan agar stabil. Tetapi dalam kondisi kulit yang stres atau mengalami paparan radikal bebas, kebutuhan energi sel lebih tinggi dari adenosine triphosphate (ATP) yang dimiliki. Jika terjadi terus-menerus, hal ini bisa membuat kulit tidak elastis dan mudah kusam. 

Baca Juga: Lakukan Cara Ini untuk Mengatasi Rambut Lepek, Cobain Yuk!

2. Mengembalikan Energi ke Kulit

Selain sebagai sumber energi, Riboxil juga bisa mengembalikan energi ke kulit. Riboxil adalah gula yang terbentuk secara alami di semua sel mahkluk hidup dan bisa diperoleh dari makanan nabati dan hewani.

Senyawa ini adalah satu-satunya bahan kosmetik alami yang dihasilkan sel-sel kulit untuk mengontrol pemulihan energi. Sehingga dapat mempengaruhi metabolisme sel dengan mengembalikan energi ke kulit dan memulihkan kulit yang tampak lelah.

3. Menjaga Keelastisan Kulit

Manfaat riboxil untuk kulit selanjutnya adalah menjaga keelastisan kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit akan mulai mengalami perubahan seperti mulai berkurangnya elastisitas kulit. Dikarenakan kekuatan struktur sel yang mulai berkurang. 

Riboxil adalah salah satu bahan yang dipercaya berperan penting dalam pembuatan adenosine triphosphate (ATP). ATP sendiri yang merupakan sumber energi utama untuk sel-sel dalam tubuh, termasuk kulit. Hasilnya, elastisitas kulit terjaga dan tampak lebih segar.

4. Mencegah Kulit Kusam

Manfaat riboxil untuk kulit lainnya adalah mampu mencegah kulit kusam. Riboxil membuat sel-sel kulit memiliki energi yang cukup untuk melakukan regenerasi sel. Akibatnya, regenerasi sel yang membuat kulit bukan hanya bebas kusam namun juga tampak glowing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News