Santai

5 Aplikasi Maps Terbaik untuk Pantau Info Jalur Arus Mudik agar Terhindar dari Macet

5 Aplikasi Maps Terbaik untuk Pantau Info Jalur Arus Mudik agar Terhindar dari Macet

MOMSMONEY.ID - Mudik menjadi salah satu tradisi menjelang lebaran Idul Fitri. Ada beberapa aplikasi maps terbaik untuk pantau info jalur arus mudik agar terhindar dari macet. 

Beberapa aplikasi maps terbaik ini bisa digunakan secara offline maupun online. 

Aplikasi maps terbaik ini akan berguna saat perjalanan mudik apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. 

Melalui aplikasi maps ini, pemudik dapat memantau informasi jalur arus mudik dan jalur alternatif yang bisa terhindar dari kemacetan. 

Baca Juga: Syarat Mudik Naik Kereta Api Bawa Hewan Peliharaan, Simak Tarif Lengkapnya

Tak hanya itu, terdapat aplikasi CCTV jalan raya yang memperlihatkan kondisi jalan raya pada saat itu. 

Hal ini tentunya akan memudahkan dan membantu pemudik untuk memantau info jalur arus mudik. 

Berikut ini 5 aplikasi maps terbaik untuk pantau info jalur arus mudik :

1. Google Maps

GOOGLE MAPS

Google Maps menjadi salah satu aplikasi maps yang populer dan telah digunakan oleh banyak orang. Selain bisa memberikan informasi jalan, Google Maps juga memberikan informasi mengenai kemacetan. 

Jika jalanan padat merayap, Google Mpas akan memberikan informasi warna kuning di jalanan. Sedangkan untuk jalanan lancar, warna biru. 

Kemudian, apabila terjadi kemacetan parah akan ditunjukkan warna merah. Tak hanya itu, pemudik juga dapat melihat informasi seperti pom bensin terdekat, tempat makan, hingga tempat ibadah. 

2. Waze 

Waze juga memberikan informasi mengenai jalur mudik yang terkena macet. Aplikasi ini juga memberikan rekomendasi jalur alternatif yang dapat dilewati sehingga terhindar dari macet. 

Uniknya, aplikasi Waze memiliki tampilan yang unik dan lucu sehingga lebih enak dilihat. 

Baca Juga: 15 Gambar Ucapan Selamat Mudik Lebaran 2023, Gratis dan Bisa Diedit

Tak perlu khawatir, Waze juga memberikan informasi mengenai pom bensin terdekat, tempat ibadah, rest area dan tempat makan terdekat. 

3. JMCARe 

Aplikasi JMCARe merupakan aplikasi buatan PT Jasa Marga Tbk. Aplikasi ini memberikan informasi mengenai jalur tercepat menuju tempat tujuan. 

Terdapat fitur untuk smart assistance dimana aplikasi ini akan memberikan rute jalur tercepat menuju tujuan. 

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan fitur permintaan mobil derek. Tentunya fitur tersebut memudahkan Anda untuk memanggil bantuan derek mobil jika kendaraan mogok di tengah jalan. 

4. NTMC TV

NTMC TV merupakan aplikasi yang memberikan informasi mengenai kondisi jalan raya dari POLDA. Aplikasi ini akan memberikan informasi jalur arus mudik terbaik dan menyajikan informasi secara real time. 

Dalam aplikasi akan menayangkan secara langsung kondisi lalu lintas yang ada. Selain itu, NTMC TV juga menyediakan fitur VoD (Video on Demand) untuk memantau kondisi jalanan melalui video. 

Baca Juga: 70 Ucapan Idul Fitri 2023 Penuh Makna untuk Keluarga, Teman, dan Rekan Kerja

5. Maps

Apabila Anda menggunakan produk Apple, terdapat aplikasi bernama Maps yang dapat Anda gunakan untuk informasi jalur mudik. 

Sebelum Anda menggunakan aplikasi ini, Anda bisa merencanakan rute jalur arus mudik terlebih dahulu.

Atau Anda bisa langsung berangkat menuju tujuan dengan jalur yang telah dirutekan oleh Maps, GPS Navigation & Directions, Street View. 

Uniknya, aplikasi ini juga terhubung dengan YouTube, photos Panoramio, gambaran jalanan juga cuaca yang sedang berlangsung.

Nah, itulah beberapa aplikasi maps terbaik untuk pantau info jalur arus mudik agar terhindar dari macet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News