HOME, Keluarga

5 Alasan Kucing Tiba-Tiba Mengabaikan Anda

5 Alasan Kucing Tiba-Tiba Mengabaikan Anda

MOMSMONEY.ID - Hewan peliharaan tentu sangat menyukai perhatian yang diberikan pemiliknya. Namun, tidak setiap saat mereka membutuhkannya. Terutama hewan kucing yang jauh lebih mandiri dan hanya datang ke teman manusianya pada saat-saat tertentu. Inilah kenapa mereka selalu bisa tampak angkuh.

Kendati demikian, kucing tetap membutuhkan interaksi sosial dan mereka mencarinya ke seseorang yang mereka percaya. Namun, bila tiba-tiba kucing mengabaikan Anda, tentu selalu ada alasan di baliknya. Dilansir dari Petmd, berikut 5 alasannya.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Kucing Berkomunikasi

Kucing Anda Menginginkan Waktu Sendiri

Ini adalah alasan paling sederhana dan paling umum, bahwa kucing Anda sedang tidak mood saat ini. Kucing memiliki emosi dan suasana hati mereka sendiri. Terkadang mereka menolak untuk didatangi dan mengabaikan Anda saat dipanggil. Mungkin mereka terus melakukan apa pun yang mereka sukai, seperti tidur siang untuk mengabaikan Anda. Jika kucing Anda melakukan hal ini, ini adalah sikap yang wajar. Biarkan mereka datang kepada Anda ketika mereka membutuhkan perhatian lagi.

Kucing Senior Mungkin Tidak Tahu Bahwa Anda Menginginkan Perhatiannya

Kucing yang sudah senior atau terlalu tua, ada kemungkinan dia tidak bisa mendengar atau melihat dengan baik. Artinya, mereka tidak benar-benar mengabaikan Anda. Selain itu, ada kemungkinan bahwa kucing Anda terlalu lelah untuk menghampiri Anda dan memutuskan untuk hanya diam di tempatnya.

Sebaiknya, konsultasikan selalu kondisi medis kucing Anda untuk terus memantau kesehatannya. Jika kucing Anda tampak lesu atau tidak merespons sama sekali, hubungi dokter hewan segera, karena ini bisa jadi merupakan keadaan darurat.

Kucing Anda Ketakutan

Tanpa Anda sadari, kucing mungkin selalu memperhatikan aktivitas Anda. Dalam hal ini, Anda mungkin juga tidak menyadari melakukan sesuatu dalam aktivitas Anda yang menyebabkan kucing takut. Akhirnya, kucing mengabaikan Anda ketika Anda memanggilnya.

Jika Anda pernah memukul atau menghukum kucing, mungkin ini akan membuatnya trauma dan mengingat Anda sebagai ancamannya. Kucing Anda tidak tahu apakah niat Anda kali ini baik atau buruk, jadi mereka mencoba mengabaikan Anda. Berikan sedikit waktu untuk membuat mereka lebih tenang. Anda juga dapat mencoba beberapa cara untuk memperbaiki hubungan Anda dengan si kucing dengan memberikannya beberapa cemilan dan menawarkannya permainan seru.

Baca Juga: Posisi Tidur Anjing Dapat Menunjukkan Kondisi Kesehatannya, lo! Simak yuk!

Kucing Mungkin Sedang Tidak Enak Badan

Selain tidak mood bermain, kucing yang menjadi tertutup dengan mengabaikan Anda bisa jadi karena merasa tidak enak badan. Anda dapat mengecek kondisinya dengan memahami gejala-gejala penyakit yang muncul. Ketahui juga apakah kucing makan dengan baik dan kondisi fesesnya.

Jika kucing Anda menunjukkan tanda-tanda kekhawatiran selain menjadi lebih pendiam, sebaiknya hubungi dokter hewan untuk memeriksakan kondisinya. Dengan sedikit usaha dan bantuan dari dokter hewan, Anda dapat menerjemahkan perilaku mereka dan mengatasi masalahnya.

Kucing Anda Mungkin Kesal Karena Sesuatu

Kebanyakan kucing memiliki sisi emosi yang halus. Bahkan ketika Anda sedang mengelus kucing lain yang tak disenanginya, dapat membuat kucing kesal kepada Anda. Kecemburuan ini memang menggemaskan, tetapi akibatnya mereka bisa mengabaikan Anda.

Kendati demikian, kucing cukup pemaaf dan ingin semua perhatian datang lagi kepadanya. Sedikit hadiah berupa cemilan akan kembali menghibur mereka. Semoga berhasil, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News