HOME, Keluarga

4 Trik Sederhana Menenangkan Bayi yang Menangis

4 Trik Sederhana Menenangkan Bayi yang Menangis

MOMSMONEY.ID - Tangisan bayi yang tak kunjung henti tentu dapat memicu stres bagi para orang tua. Tak jarang tangisan bayi juga dapat memperburuk depresi pascapersalinan dan membahayakan kesehatan ibu.

Dikarenakan bayi berbeda dengan orang dewasa, maka cara menenangkan tangisannya harus dilakukan dengan metode khusus.

Dari banyaknya kiat-kiat menenangkan bayi yang beredar, berikut ini empat trik yang terbilang sederhana, sebagaimana dilansir dari Child Development Institute.

Baca Juga: Inilah Rekomendasi Menu MPASI Terbaik untuk Bayi 6 Bulan Pertama

1. Biarkan bayi mengisap

Aktivitas mengisap akan membuat sebagian besar bayi merasa relaks dan tenang. Saat bayi Anda menangis, biarkan mereka mengisap jarinya atau berikan mereka dot bayi untuk menciptakan kenyamanan. Jari dan dot bayi akan bekerja dengan baik saat bayi Anda sudah dalam keadaan kenyang.

Untuk bayi yang lapar, jari dan dot bayi mungkin akan membuat mereka frustasi karena kedua benda tersebut tidak mampu menghasilkan rasa kenyang. Sebagai gantinya, berikanlah ASI, karena ASI adalah solusi terbaik untuk menenangkan tangisan bayi yang sedang lapar atau sakit.

2. Ayunkan bayi 

Saat Anda mengayun-ayunkan bayi secara berirama, itu akan mengingatkan mereka dengan gerakan yang pernah mereka alami selama masih berada di dalam kandungan. Adapun seberapa kuat gerakan mengayun harus disesuaikan dengan tingkat agitasi bayi. Agitasi sebagaimana dikutip dari Alodokter adalah gejala gangguan mood yang timbul sebagai respons stres.

Kendati begitu, selalu ingat untuk tidak mengayun-ayun atau menggoyang-goyangkan bayi dengan terlalu keras karena cenderung berbahaya. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa Anda memegang kepala bayi dalam posisi kokoh.

3. Jalan-jalan ke luar rumah

Alam sangatlah baik dan memiliki efek yang menenangkan bagi anak-anak. Mengajak bayi yang sedang menangis untuk berjalan-jalan ke luar rumah akan menjadi terapi sederhana bagi bayi sekaligus Anda.

Kicau burung, gemerisik dedaunan yang terkena angin, dan komponen alam lainnya akan mengalihkan perhatian bayi. Gerakan dan udara segar juga mampu membantu bayi untuk menjadi lebih tenang.

4. Lakukan teknik The Hold

Teknik The Hold untuk Bayi

Diperkenalkan oleh seorang dokter anak asal California bernama Dr. Robert C. Hamilton, teknik The Hold menjadi salah satu cara paling efektif sekaligus instan untuk menenangkan bayi yang menangis. Bahkan, teknik ini diklaim dapat menghentikan tangisan bayi dalam waktu kurang dari 10 detik.

Dilansir dari Klikdokter, berikut tahap-tahap teknik The Hold yang bisa Anda praktikkan:

  1. Lipat tangan bayi di depan dada
  2. Jaga dan tahan tangan bayi dengan lembut
  3. Genggam bagian bokong atau popok bayi dengan lembut
  4. Ayunkan bayi secara lembut ke atas dan ke bawah dengan posisi miring mencapai 45 derajat. Kemudian, goyangkan bagian bokong atau popok bayi dengan lembut

Teknik The Hold terbilang efektif untuk menenangkan bayi berusia 1-3 bulan. Untuk bayi di atas 3 bulan kurang dianjurkan karena bayi sudah terlalu berat untuk mempertahankan posisi The Hold.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News