HOME, Bugar

Inilah Rekomendasi Menu MPASI Terbaik untuk Bayi 6 Bulan Pertama

Inilah Rekomendasi Menu MPASI Terbaik untuk Bayi 6 Bulan Pertama

MOMSMONEY.ID - Seiring perkembangan tubuhnya yang semakin besar dan kuat, kebutuhan nutrisi bayi pun juga bertambah ketika ia menginjak usia 6 bulan.  

Air Susu Ibu (ASI) sudah tidak bisa lagi memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk bertumbuh dan berkembang. Itulah mengapa ibu perlu memberi makanan pendamping ASI atau MPASI.

Untuk bayi yang baru memulai mengonsumsi makanan padat, yang terbaik adalah memberinya satu jenis makanan sederhana yang dihaluskan dengan baik. 

Ibu bisa mulai memberikan setengah cangkir makanan 2‒3 kali sehari. Hindari juga menambahkan garam, gula, dan madu pada MPASI, dilansir dari Pregnant Education.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Kelapa Muda yang Sangat Baik untuk Ibu Menyusui

Berikut ini resep MPASI 6 bulan pertama terbaik yang bisa ibu coba:

1. Puree alpukat

Alpukat merupakan buah yang sangat sehat. Buah berwarna hijau ini kaya akan lemak baik yang bisa membantu perkembangan otak bayi. Selain itu, teksturnya yang lembut juga membuat alpukat mudah dikonsumsi oleh bayi.

2. Puree jagung manis dan bayam

MPASI enam bulan yang ketiga adalah puree jagung manis dan bayam. Jagung dan bayam merupakan kombinasi yang ideal. Mama bisa memberikannya bersamaan dengan bubur nasi yang ditambahkan telur.

3. Bubur ikan dori

MPASI enam bulan yang ketiga adalah bubur ikan dori. Jenis ikan yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan dengan tekstur yang lembut.

Baca Juga: Moms, Ini Beberapa Gejala Maag pada Anak yang Perlu Diketahui

4. Puree ayam dengan saus putih

Pada resep MPASI 6 bulan pertama terbaik ini, Ibu bisa memberikan bayi daging-dagingan, seperti ayam sebagai asupan protein untuk kebutuhan tumbuh kembang bayi.

5. Puree brokoli, kentang dan kaldu ikan

MPASI enam bulan yang selanjutnya campuran dari pure brokoli, kentang, dan kaldu ikan.

Itulah resep MPASI 6 bulan pertama terbaik untuk bayi. Bila anak tidak mau makan atau mengalami reaksi alergi akibat mengonsumsi MPASI tertentu, jangan panik.

Bicarakan saja pada dokter dan konsultasikan keluhan yang dialami bayi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News