Keluarga

4 Tips Menggunakan Bedak Bagi Pemilik Kulit kering, Makeup Tak Tampak Cakey

4 Tips Menggunakan Bedak Bagi Pemilik Kulit kering, Makeup Tak Tampak Cakey

MOMSMONEY.ID - Ada sejumlah tips menggunakan bedak bagi pemilik kulit kering. Beda jenis kulit, maka beda pula cara mengaplikasikan bedak.

Pada kulit kering, pemilihan produk dan cara penggunaan bedak yang tidak tepat dapat menyebabkan hasil akhir makeup sukar menempel dengan baik dan terlihat cakey. Kulit juga bisa menjadi semakin kering setelahnya.

Padahal, penggunaan bedak amat penting untuk membantu mengunci base makeup agar tidak mudah bergeser.

Nah, agar makeup Anda mulus tanpa khawatir terlihat cakey dan membuat kulit semakin kering, simak 4 tips menggunakan bedak bagi pemilik kulit kering dilansir dari laman Maybelline.

Baca Juga: Rangkaian Skincare OMG yang Viral dan Murah Meriah, Layak Dicoba!

1. Gunakan primer

Setelah membersihkan wajah dan memakai pelembab, pemilik kulit kering dianjurkan untuk menggunakan primer sebelum mengaplikasikan bedak.

Langkah ini bertujuan untuk membantu meratakan tekstur kulit sekaligus membuat makeup lebih tahan lama.

Anda bisa menggunakan primer yang ringan dan melembabkan. Untuk memberikan proteksi ekstra pada kulit dari paparan sinar matahari, primer yang mengandung SPF patut dipertimbangkan.

2. Hindari bedak tabur

Pemilik kulit kering disarankan untuk menggunakan bedak padat alih-alih bedak tabur. Pasalnya, bedak tabur cenderung membuat kulit semakin kering sehingga lebih cocok digunakan untuk kulit berminyak.

Pilihlah bedak padat yang memiliki formula ringan, tekstur yang lembut, dan non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori.

Agar warna kulit Anda lebih merata namun tetap terlihat natural, Anda bisa menggunakan bedak padat yang memiliki coverage medium.

Baca Juga: Ada Setidaknya 5 Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan Kulit, Apa Saja?

3. Hindari bedak dengan finish matte

Memakai produk makeup yang memiliki finish matte memang bisa membuat wajah tampak flawless. Kendati demikian, hal tersebut tidak berlaku untuk pemilik kulit kering.

Saat Anda memiliki kulit kering namun bersikeras memakai bedak dengan finish matte, hasil makeup Anda akan lebih mudah terlihat cakey. Tekstur kulit Anda yang kasar akibat tambalan-tambalan kering pun akan terlihat semakin jelas.

Sebaiknya, hindari penggunaan bedak dengan finish matte dan beralihlah ke produk bedak khusus kulit kering yang melembabkan dengan hasil akhir smooth. Adapun contoh bedak yang bisa dipilih oleh pemilik kulit kering adalah Maybelline Fit Me! Dewy + Smooth Powder.

4. Jangan memakai bedak secara berlebihan

Membubuhkan bedak secara berlebihan pada kulit yang kering berpotensi menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan komedo atau jerawat.

Tak sampai di situ, pemakaian bedak secara berlebihan juga rentan membuat makeup terlihat cakey dan jauh dari kata natural.

Jika kulit Anda kering, cukup baurkan bedak di area wajah yang paling berminyak seperti T-Zone supaya makeup tidak mudah bergeser. Kemudian, sapukan sedikit bedak di area sekitar wajah Anda guna menciptakan hasil makeup yang lebih halus.

Sekian 4 hal yang harus diperhatikan pemilik kulit kering saat menggunakan bedak. Tidak sulit kan, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News