Keluarga

Ada Setidaknya 5 Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan Kulit, Apa Saja?

Ada Setidaknya 5 Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan Kulit, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Simak penjelasan tentang 5 manfaat rumput laut untuk kecantikan kulit di bawah ini.

Rumput laut kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa alami yang terbukti mampu membantu perbaikan kulit. Superfood ini menghasilkan berbagai komponen aktif termasuk asam lemak dan antioksidan yang dapat menyeimbangkan, mengisi, dan menstabilkan kulit.

Bahkan, senyawa aktif dalam rumput laut merah dan cokelat telah terbukti memiliki sifat unik termasuk anti-kerutan, efek mencerahkan, anti-inflamasi, dan anti-alergi.

Dilansir dari HUM Nutrition dan Seaflora Skincare, ada setidaknya 5 manfaat rumput laut untuk kecantikan kulit. Berikut uraiannya.

Baca Juga: 4 Cara Mengencangkan Kulit Wajah, Perawatan Alami di Rumah

1. Menunda tanda-tanda penuaan pada kulit

Satu studi di Journal of Dermatological Science menemukan bahwa antioksidan bernama astaxanthin yang berasal dari rumput laut memiliki efek perlindungan pada sel manusia terhadap radiasi UV dengan mengurangi kerusakan DNA.

Rumput laut dengan jenis brown seaweed mengandung senyawa yang menurut penelitian dapat menghambat sejenis enzim yang memecah asam hialuronat alami tubuh. Adapun asam hialuronat akan berkurang seiring bertambahnya usia padahal zat ini bisa membantu kulit mempertahankan kelembabannya sekaligus mencegah kerutan, kulit kering, dan kulit kendur. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa rumput laut bermanfaat untuk membantu menunda tanda-tanda penuaan pada kulit.

2. Menghidrasi kulit

Polisakarida yang ditemukan dalam rumput laut dapat sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit dan membantu mengunci kelembaban. Dalam satu penelitian, polisakarida dari rumput laut jenis saccharina japonica cenderung lebih efektif dalam hal melembabkan kulit daripada asam hialuronat.

Studi lain menemukan bahwa ekstrak rumput laut laminaria japonica mampu meningkatkan kelembaban kulit dengan cara membentuk protective barrier untuk mencegah hilangnya kelembaban.

3. Mencerahkan kulit

Beberapa spesies rumput laut dapat menghambat enzim yang terlibat dalam penciptaan melanin (pigmen yang memberikan warna pada kulit).

Itu artinya, rumput laut bisa dijadikan andalan untuk membantu meratakan atau mencerahkan warna kulit agar terbebas dari bintik hitam, bintik matahari, dan hiperpigmentasi yang mengganggu.

4. Mengurangi jerawat dan minyak

Spesies rumput laut tertentu memiliki sifat antimikroba yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat, menurut penelitian.

Senyawa dari rumput laut cokelat laminaria digitata bahkan diklaim bisa mengurangi produksi sebum yang menjadikan kulit tidak terlalu berminyak dan jarang terkena jerawat.

5. Mencegah peradangan kulit

Rumput laut diperkaya dengan berbagai organisme yang mengandung senyawa biologis penting seperti florotanin, polisakarida sulfat, dan inhibitor tirosinase.

Perpaduan dari senyawa tersebut bermanfaat untuk mendetoksifikasi, mengatur kelenjar sebaceous, mengurangi peradangan, mengelupas sel-sel kulit mati, memberikan nutrisi, melembabkan, memperkuat skin barrier, hingga mengecilkan pori-pori. Luar biasa sekali bukan?

Itulah 5 manfaat rumput laut untuk kecantikan kulit. Selain dikonsumsi, Anda juga bisa mendapatkan manfaat rumput laut untuk kecantikan kulit dengan cara menggunakan produk skincare berbahan rumput laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News