HOME, Keluarga

4 Tips Memilih Gorden Jendela yang Pas untuk Rumah

4 Tips Memilih Gorden Jendela yang Pas untuk Rumah

MOMSMONEY.ID - Gorden atau tirai merupakan salah satu aksesoris yang cukup berperan dalam menentukan tampilan interior rumah, terutama pada bagian jendela. Oleh karena itu, pemilihan gorden tentunya tidak boleh sembarangan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan supaya gorden yang dipilih dapat melengkapi tampilan rumah, tapi tetap berfungsi sebagai penutup jendela.

Jadi, apa saja yang perlu diperhatikan saat akan memilih gorden untuk rumah? Merangkum penjelasan Livspace, The Spruce, dan Elle Décor, berikut tipsnya.

Tentukan fungsinya

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat memilih gorden adalah fungsi yang dicari dari gorden tersebut. Pertimbangan ini akan membantu Anda menentukan model dan bahan kain gorden yang tepat.

Misalnya, jika ingin sekadar mengurangi intensitas cahaya di dalam ruangan, cukup gunakan gorden tipis. Sebaliknya, jika ingin memblokir cahaya, gunakan gorden yang tebal dan berwarna gelap.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Mengurangi Sampah Saat Membersihkan Rumah

Selain itu, bahan gorden juga menentukan kesan yang akan dihadirkan. Jika Anda ingin ruangan yang terkesan minimalis, pilih gorden yang sederhana dan tidak terlalu tebal (misalnya katun). Jika ingin kesan klasik dan elegan, pilih kain gorden yang lebih tebal (misalnya beludru).

Pilih warna yang sesuai

Idealnya, warna gorden sebaiknya melengkapi tampilan interior rumah Anda. Sebagai contoh, pilih warna gorden yang senada dengan furnitur dan dekorasi di dalam rumah.

Alternatifnya, Anda bisa memanfaatkan gorden sebagai titik fokal dengan cara memilih warna yang kontras dengan dinding dan furnitur, misalnya gorden warna coklat gelap yang dipadukan dengan dinding putih.

Tak hanya warna, motif gorden juga sangat mempengaruhi tampilan interior rumah. Jika interior rumah kebanyakan terlihat polos, tak ada salahnya menghidupkan suasana di dalam rumah dengan menggunakan gorden bermotif. Sebaliknya, jika interior rumah cukup ramai, imbangi dengan gorden polos.

Baca Juga: Ini 6 Trik Supaya Kamar Mandi Tidak Mudah Licin

Tentukan panjang yang diinginkan

Gorden hadir dalam berbagai variasi panjang dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda.

Jika ingin kesan yang klasik, pilih gorden yang panjangnya pas menyentuh lantai. Untuk kesan yang lebih dramatis, coba pilih gorden yang cukup panjang sehingga ujungnya dapat menyapu lantai. Di sisi lain, gorden yang sedikit menggantung di atas lantai akan lebih aman jika Anda tinggal bersama anak kecil.

Pada dasarnya, pemilihan panjang gorden perlu disesuaikan dengan selera. Namun, tetap pertimbangkan ukuran jendela Anda supaya gorden tersebut tetap enak dipandang.

Perhatikan perawatan gorden

Salah satu hal yang kadang luput dari pertimbangan saat memilih gorden adalah cara perawatannya. Perawatan ini tentu berbeda-beda, tergantung pada jenis kain gorden yang dipilih.

Sebagai contoh, ada jenis kain gorden yang tidak bisa dicuci dengan mesin cuci, dan ada pula jenis kain gorden yang perlu dibersihkan dengan cara dry clean.

Jadi, saat akan memilih gorden, pastikan Anda mencari tahu bagaimana cara membersihkan dan merawat gorden tersebut. Jangan sampai gorden yang dipilih rusak hanya karena salah perawatan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan memilih gorden. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News