HOME, Keluarga

4 Tips Membuat Ruang Keluarga yang Nyaman, Dijamin Bikin Betah!

4 Tips Membuat Ruang Keluarga yang Nyaman, Dijamin Bikin Betah!

MOMSMONEY.ID - Sesuai dengan namanya, ruang keluarga adalah area yang biasa digunakan seluruh anggota keluarga atau penghuni rumah untuk berkumpul, bercengkrama, dan bersantai bersama.

Oleh karena itu, wajar jika ruang keluarga perlu ditata dan didekorasi senyaman mungkin. Selain bisa membuat penghuni rumah betah berlama-lama di ruang keluarga, penataan yang nyaman juga akan membuat momen berkumpul dengan keluarga semakin berkualitas.

Untungnya, menciptakan ruang keluarga yang nyaman itu tidak terlalu sulit. Dengan beberapa cara sederhana, Anda pun bisa menghadirkan kesan nyaman di ruang keluarga. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Baca Juga: Bikin Suasana Makin Hidup, Ini Rekomendasi Warna yang Cocok untuk Dapur!

Gunakan tanaman hias sebagai dekorasi

Sudah bukan rahasia lagi bila keberadaan tanaman hias dapat membantu memberikan kesan segar dan nyaman pada suatu ruangan.

Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda menambahkan tanaman hias di ruang keluarga sebagai dekorasi. Pilihlah tanaman hias yang Anda sukai supaya ruang keluarga terasa makin nyaman.

Dikutip dari Forbes, Anda bahkan bisa menambahkan tanaman hias berukuran tinggi atau besar untuk mengisi sudut atau sisi ruang keluarga yang terlihat kosong. Supaya tanaman hias di ruang keluarga bisa tumbuh dengan maksimal, pastikan tanaman tersebut mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Tambahkan sentuhan personal

Untuk menambahkan suasana hangat dan nyaman di ruang keluarga, Anda bisa menambahkan dekorasi atau hiasan yang bersifat personal di dalamnya.

Melansir laman Home Stratosphere, coba hiasi ruang keluarga dengan foto-foto keluarga Anda. Atau, Anda juga bisa menambahkan hiasan atau dekorasi yang bersifat sentimental, misalnya pernak-pernik traveling atau hiasan rumah buatan sendiri.

Saat menambahkan hiasan-hiasan tersebut, pastikan tidak berlebihan supaya ruang keluarga tetap terlihat nyaman dan rapi.

Baca Juga: Dikenal Elegan, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Meja Dapur Berbahan Marmer

Gunakan tekstil yang empuk dan lembut

Salah satu kunci untuk menghadirkan kenyamanan di ruang keluarga adalah dengan menambahkan berbagai jenis tekstil rumah yang empuk dan lembut.

Mengutip laman Sassy Townhouse Living, tekstil ini bisa dihadirkan dengan berbagai cara, seperti menggunakan karpet, bantal sofa, hingga selimut dan taplak meja yang lembut.

Bahkan, Anda juga bisa menggunakan sofa atau kursi dengan bantalan yang nyaman sehingga anggota keluarga betah berlama-lama di ruang keluarga.

Manfaatkan sumber pencahayaan yang bervariasi

Ruang keluarga yang terlihat suram dan gelap tentu akan terkesan dingin dan kurang nyaman. Jadi, mengoptimalkan pencahayaan menjadi salah satu cara untuk menghadirkan kesan nyaman di ruang keluarga.

Jika memungkinkan, maksimalkan pencahayaan alami di ruang keluarga dengan membuka pintu atau jendela lebar-lebar yang dikombinasikan dengan tirai tipis.

Sebagai alternatif, Anda bisa mengombinasikan pencahayaan alami dengan sumber pencahayaan lainnya, seperti lampu. Pastikan lampunya tidak terlalu terang supaya tidak mengganggu pandangan.

Itulah beberapa cara untuk membuat ruang keluarga yang terkesan nyaman. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News