Keluarga

4 Tips Membersihkan dan Merapikan Rumah Baru Setelah Pindahan

4 Tips Membersihkan dan Merapikan Rumah Baru Setelah Pindahan

MOMSMONEY.ID - Bagi sebagian orang, salah satu bagian yang cukup melelahkan saat pindah rumah adalah membongkar dan merapikan barang-barang di rumah yang baru.

Walaupun dirasa melelahkan, tahapan tersebut sangat penting untuk menentukan kenyamanan Anda saat beradaptasi di rumah baru. Jika dibersihkan dan dirapikan secara efisien, rumah pun akan lebih cepat terasa nyaman.

Nah, kira-kira apa saja yang bisa dilakukan supaya proses membersihkan, membongkar, dan merapikan rumah baru menjadi lebih mudah? Dirangkum dari laman Q Moving Services, Moving.com, dan The Spruce, berikut tipsnya.

Baca Juga: Trik Dekorasi Taman Rumah Berukuran Kecil, Tetap Cantik dan Asri!

Bersihkan seluruh rumah terlebih dahulu

Sebelum mulai membongkar dan menata barang-barang di rumah baru, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan seluruh bagian rumah terlebih dahulu.

Mengapa? Sebab, rumah yang masih kosong akan jauh lebih mudah dibersihkan daripada rumah yang sudah terisi penuh oleh barang-barang.

Jika Anda sulit meluangkan waktu untuk membersihkan rumah baru, cobalah untuk menyewa jasa kebersihan rumah yang sudah banyak tersedia secara online. Ketika rumah baru sudah bersih, jangan lupa untuk menjaga kebersihannya selama proses membongkar dan menata barang di rumah.

Bongkar barang-barang yang penting

Selanjutnya, pastikan Anda membongkar hal-hal atau barang-barang yang penting terlebih dahulu. Barang-barang ini biasanya diperlukan untuk menunjang kebutuhan dasar Anda selama beberapa hari sambil menata rumah baru.

Misalnya, Anda bisa membongkar perlengkapan mandi, obat, baju rumah, elektronik, hingga alat-alat masak dan alat makan. Jadi, saat mengemas barang di rumah lama, pastikan Anda menempatkan barang-barang esensial tersebut di tempat terpisah.

Baca Juga: Ada Dinding Kosong di Atas Tempat Tidur? Manfaatkan dengan Cara Ini!

Letakkan barang per ruangan

Ketika Anda akan menata barang-barang di rumah, tempatkan boks atau kardus barang di rumah sesuai dengan ruangannya.

Misalnya, tempatkan boks berisi baju-baju dan perlengkapan tidur di kamar tidur, boks berisi alat masak di dapur, hingga boks berisi perlengkapan kerja di area kerja. Dengan menempatkan barang di ruangan yang tepat, proses membongkar dan menata barang akan jauh lebih efisien.

Untuk memudahkan Anda meletakkan boks di ruangan yang tepat, jangan lupa labeli boks sesuai dengan isinya.

Susun daftar prioritas ruangan

Saat akan menata barang di rumah baru, jangan langsung tergoda untuk membongkar seluruh barang dalam satu waktu. Sebaiknya, susun daftar prioritas ruangan dan bongkar barang Anda satu per satu.

Sebagai contoh, Anda bisa merapikan bagian dapur terlebih dahulu dengan cara mengisi kabinet, meletakkan kitchen appliances, hingga menata alat masak. Dapur yang rapi akan memudahkan Anda mengisi perut jika lelah merapikan rumah.

Setelah dapur, kamar tidur bisa menjadi ruangan yang selanjutnya dirapikan. Sebab, kamar tidur yang rapi akan membuat Anda lebih cepat merasa nyaman dan mudah beradaptasi di rumah baru. Tak hanya itu, Anda bisa langsung beristirahat jika belum selesai merapikan rumah.

Prioritas ruangan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Yang penting, pastikan Anda bisa membersihkan dan merapikan rumah baru dengan nyaman dan efektif.

Itulah beberapa tips untuk membersihkan dan merapikan rumah baru setelah pindahan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News