HOME, Keluarga

4 Tips Makeup untuk Pori-Pori Besar, Tidak Sulit!

4 Tips Makeup untuk Pori-Pori Besar, Tidak Sulit!

MOMSMONEY.ID - Pori-pori besar tak hanya tampak sedikit mengganggu, tetapi juga bisa membuat makeup susah terlihat flawless.

Jika Anda bermasalah dengan pori-pori besar, maka Anda perlu menghindari penggunaan pore pack dan menggunakan produk skincare yang mengandung niacinamide, glycolic acid, salicylic acid, clay, dan retinol untuk membantu mengecilkan pori-pori.

Untuk solusi instan, terapkanlah 4 tips makeup yang dilansir dari BeBeautiful ini untuk menyamarkan pori-pori besar dengan cepat.

Baca Juga: Sebelum Mencoba Brazilian Waxing, Ketahui Dulu 5 Efek Sampingnya Berikut Ini

1. Awali dengan primer gel

Primer

Primer tidak hanya akan membuat makeup menjadi lebih tahan lama, tetapi juga bisa bekerja secara efektif untuk menghaluskan tekstur kulit akibat pori-pori besar.

Untuk membantu mengisi pori-pori Anda yang terbuka lebar, pilihlah primer gel berbasis silikon seperti Maybelline Baby Skin Pore Eraser dan Emina Pore Ranger.

Selain itu, primer jenis ini juga mampu mengaburkan garis-garis halus dan kerutan pada wajah sehingga hasil makeup akan terbebas dari creasing.

2. Pakai foundation matte

Foundation

Setelah menggunakan primer, lanjutkan dengan mengaplikasikan foundation matte. Kenapa harus foundation matte? Karena, foundation dengan finish matte memiliki kemampuan untuk mengaburkan tampilan pori-pori besar.

Kelebihan lain dari foundation matte adalah formulanya yang cenderung lebih tahan lama.

Mula-mula, oleskan foundation ke bagian wajah yang memiliki pori-pori paling besar dengan menggunakan brush foundation berukuran kecil. Agar pori-pori lebih terisi dan makeup terlihat lebih halus, Anda bisa mengombinasikan penggunaan brush dengan spons yang sudah dibasahi.

Guna menghindari cakey, lakukanlah layering foundation secara perlahan dengan jeda yang cukup.

3. Sempurnakan dengan concealer stick

Concealer

Jika pori-pori besar, bekas jerawat, atau noda kehitaman masih terlihat setelah Anda memakai foundation, Anda bisa memanfaatkan concealer untuk memberikan coverage tambahan.

Untuk wajah dengan pori-pori besar, pilihlah concealer berbentuk stick. Oleskan concealer secara merata menggunakan jari yang bersih guna memadukan formula concealer dengan lembut sekaligus mengaburkan tampilan pori-pori yang masih menganga.

4. Gunakan loose powder untuk mengunci base makeup

Bedak

Tips makeup untuk pori-pori besar yang terakhir adalah membaurkan loose powder atau bedak tabur untuk mengunci primer, foundation, dan concealer yang ada di bawahnya.

Usahakan untuk memilih loose powder dengan formula translucent atau transparan supaya terlihat menyatu dengan kulit serta tidak mengubah warna asli foundation.

Fokuskan bedak ke area pori-pori yang besar dan lakukan baking selama beberapa menit. Setelah baking selesai, sapukan bedak yang menempel pada wajah dengan powder brush hingga wajah Anda tidak tampak terlalu dempul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News