Keluarga

4 Tanda Tidak Cocok Memakai Micellar Water, Sudah Tahu?

4 Tanda Tidak Cocok Memakai Micellar Water, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Cari tahu yuk, ini dia 4 tanda tidak cocok memakai micellar water.

Cuci muka saja tidak cukup untuk membersihkan wajah dari makeup, kotoran, dan sisa skincare dengan maksimal.

Sebaiknya, lakukanlah first cleansing menggunakan produk first cleanser seperti micellar water sebelum mencuci muka dengan face wash.

Sama dengan produk skincare lainnya, pemilihan micellar water juga harus disesuaikan dengan jenis atau kebutuhan kulit. Ini dilakukan untuk mencegah ketidakcocokan yang dapat berkontribusi pada munculnya berbagai masalah kulit.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Eye Makeup Remover Terbaik yang Ampuh Hapus Makeup Waterproof

Kira-kira, apa saja ya tanda-tanda yang menunjukkan bahwa micellar water yang sedang kita gunakan tidak cocok dengan kulit kita?

Melansir laman Nivea, berikut 4 tanda tidak cocok memakai micellar water yang harus Anda ketahui:

1. Muncul jerawat secara tiba-tiba

Tanda tidak cocok memakai micellar water yang pertama yaitu muncul jerawat secara tiba-tiba.

Memakai micellar water yang tidak cocok bisa menimbulkan jerawat pada beberapa area wajah. Jerawat ini cenderung muncul secara tiba-tiba atau disebut juga sebagai breakout.

Tumbuhnya jerawat setelah penggunaan micellar water dapat disebabkan oleh faktor alergi terhadap kandungan tertentu yang ada di dalamnya.

Jerawat biasanya akan muncul di area wajah yang benar-benar sensitif. Umumnya, jerawat akibat pemakaian micellar water yang tidak cocok berukuran kecil-kecil seperti beruntusan.

2. Kulit menjadi iritasi

Tanda tidak cocok memakai micellar water yang kedua yaitu kulit menjadi iritasi.

Ketika suatu produk skincare tidak cocok di kulit, maka akan muncul sejumlah reaksi tertentu, seperti iritasi kulit.

Saat terjadi iritasi, kulit akan terasa panas seperti terbakar hingga muncul ruam merah yang dapat bertahan dalam waktu lama.

Iritasi kulit yang terjadi akibat penggunaan micellar water yang tidak cocok tak selalu parah dan serius. Dalam beberapa kasus, iritasi kulit yang terjadi hanya menimbulkan sensasi cekit-cekit pada kulit.

Baca Juga: Pahami 4 Cara Merawat Nail Gel Supaya Tahan Lama

3. Kulit terasa kering dan mengelupas

Tanda tidak cocok memakai micellar water yang ketiga yaitu kulit terasa kering dan mengelupas.

Dalam kondisi tertentu, penggunaan skincare yang tidak cocok bisa menyebabkan kulit terasa kering dan bahkan mengelupas. Hal yang sama juga dapat terjadi jika Anda tidak cocok menggunakan micellar water.

Faktor utama yang menyebabkan kulit terasa kering dan mengelupas adalah kandungan yang terdapat di dalam micellar water itu sendiri.

Ingat, kandungan atau bahan aktif tertentu yang ada di dalam micellar water dapat membuat kulit memberikan reaksi alergi. Jadi, pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu kandungan apa saja yang tidak cocok untuk jenis kulit Anda sebelum memakai micellar water dari merek apapun.

4. Kulit terlihat kusam

Tanda tidak cocok memakai micellar water yang keempat yaitu kulit terlihat kusam.

Tanda ini cenderung jarang disadari karena banyak orang mengira bahwa kulit kusam muncul akibat tidak menggunakan skincare yang mencerahkan. Padahal, kulit kusam juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda tidak cocok menggunakan micellar water tertentu lho.

Meski micellar water memiliki teknologi micelles yang dapat mengangkat sel kulit mati, namun ada jenis kulit tertentu yang membuat sel kulit mati tidak bisa benar-benar terangkat oleh micellar water.

Jika pemakaian micellar water yang tidak cocok terus dilanjutkan dalam waktu lama, akan terjadi penumpukan sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam.

Itulah 4 tanda tidak cocok memakai micellar water yang harus Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News