HOME, Keluarga

4 Skincare yang Hanya Boleh Digunakan pada Malam Hari, Jangan Sampai Keliru!

4 Skincare yang Hanya Boleh Digunakan pada Malam Hari, Jangan Sampai Keliru!

MOMSMONEY.ID - Selain siang hari, kulit juga harus dirawat pada malam hari dengan menggunakan produk skincare sebelum tidur. Hal ini memungkinkan kulit untuk menyerap dengan baik segala formula skincare selama semalaman dan menampakkan hasilnya pada pagi harinya.

Beda waktu maka beda pula formula skincarenya. Jika produk skincare di siang hari memiliki formula dan tekstur yang cenderung ringan, maka produk skincare malam kebalikannya. Rata-rata, skincare khusus malam hari lebih berat baik dalam hal formula maupun tekstur.

Tidak boleh disamakan dengan perawatan kulit di siang hari, inilah 4 skincare yang hanya boleh digunakan pada malam hari menurut seorang Celebrity Dermatologist, Cosmetologist,dan Trichologist bernama Dr. Niketa Sonavane.

Baca Juga: 5 Tips Kecantikan ala Kylie Jenner yang Unik namun Tetap Simple. Yuk, Sontek!

1. Retinol

Retinol adalah salah satu bahan skincare yang cukup efektif dalam hal melawan keriput, jerawat, dan pigmentasi kulit. Kendati menyimpan beragam manfaat, namun retinol memiliki sifat yang cenderung keras dan hanya boleh Anda gunakan pada malam hari.

Adapun alasan ilmiah mengapa retinol hanya boleh digunakan pada malam hari yaitu karena bahan ini tergolong sensitif terhadap sinar matahari. Saat digunakan pada siang hari, sinar UV yang berasal dari matahari akan menonaktifkan retinol itu sendiri dan menjadikannya kurang efektif bagi kulit Anda.

2. Exfoliating acid

AHA dan BHA adalah bahan chemical exfoliating favorit banyak orang. Selain berguna untuk mengelupas sel-sel kulit mati penyebab jerawat dan kulit kusam, bahan-bahan exfoliating acid ini juga mampu mempromosikan pergantian sel yang sehat. Intinya, exfoliating acid menawarkan kulit yang halus dan bebas noda kepada para penggunanya.

Bahan-bahan exfoliating acid seperti glycolic acid dan salicylic acid akan mengurangi protective barrier kulit saat bekerja. Dengan demikian, bahan ini akan membuat kulit lebih sensitif terhadap panas, angin, maupun cahaya sehingga tidak cocok digunakan pada siang hari.

3. Face oil

Pada umumnya, minyak berbahan alami mengandung banyak nutrisi yang menyehatkan kulit. Bahan ini juga mampu bekerja sebagai emolien dan membantu membangun fungsi barrier yang sehat.

Meskipun begitu, essential oil dapat menyebabkan iritasi saat terkena panas, keringat, dan sinar UV. Hal ini dikarenakan adanya kandungan methoxypsoralen yang ada di dalam essential oil. Selain itu, sifat face oil yang berat juga bisa menyebabkan kotoran dan bakteri menempel dengan mudah pada kulit.

4. Night cream

Dibandingkan dengan day cream, night cream cenderung lebih berat dalam hal tekstur maupun formula. Pasalnya, night cream memang dirancang khusus untuk membentuk lapisan nutrisi pada kulit guna memperbaikinya semalaman. Alhasil, kulit pun akan terhidrasi, bergizi, montok, dan diremajakan pada keesokan paginya.

Sesuai namanya, night cream sudah sepatutnya digunakan pada malam hari. Memiliki sifat yang sedikit oklusif, night cream dapat mengganggu sekresi normal keringat dan sebum jika digunakan pada siang hari. Apabila Anda tetap memaksakan untuk menggunakan night cream di siang hari, maka jangan heran jika pori-pori Anda tersumbat dan jerawat mulai berdatangan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News