Keluarga

4 Ramuan Ayurveda yang Bermanfaat Merawat Kesehatan Kulit

4 Ramuan Ayurveda yang Bermanfaat Merawat Kesehatan Kulit

MOMSMONEY.ID - Terdapat beberapa ramuan ayurveda yang bermanfaat merawat kesehatan kulit.  

Dalam ilmu pengobatan India kuno atau yang dikenal sebagai Ayurveda, ada berbagai ramuan herbal yang menyimpan beragam manfaat kesehatan termasuk untuk kulit.

Ramuan tersebut mampu memberikan efek fisiologis yang dapat melindungi kulit dari penyakit sembari mempromosikan cahaya kulit yang muda dan alami.

Selengkapnya, inilah 4 ramuan ayurveda teratas yang bermanfaat merawat kesehatan kulit sebagaimana dilansir dari laman Alitura.

1. Ashwagandha

Ashwagandha

Dalam pengobatan herbal ayurveda, akar ashwagandha atau withania somnifera biasanya digunakan untuk berbagai keperluan medis dan klinis. Botani yang kuat ini memiliki banyak efek terapeutik, fisiologis termasuk anti-inflamasi, sedatif, hipnotis, dan narkotika.

Baca Juga: Gunakan 4 Bahan Skincare Ini untuk Menghaluskan Kulit Bertekstur

Ekstrak dari ashwagandha memiliki khasiat anti-kanker yang ampuh terutama untuk kanker kulit. Dalam satu penelitian tertentu, ekstrak akar ashwagandha ditemukan menunjukkan efek sitotoksik pada sel melanoma A375.

Dengan kata lain, ekstrak ashwagandha menawarkan cara yang cukup aman dan efektif untuk membunuh sel kanker.

2. Cendana

Kayu cendana

Minyak cendana telah digunakan secara tradisional di India sebagai ramuan obat ayurveda untuk mengobati inflamasi kulit dan erupsi obat.

Ramuan harum tersebut dapat mengobati peradangan dan gangguan kulit yang berkaitan dengan bakteri sekaligus bertindak sebagai parfum.

Satu studi menunjukkan bahwa cendana atau sandalwood atau santalum album L mampu memberikan efek sitotoksik dan kemo-preventif sehingga menjadikannya sebagai agen baru untuk melawan kanker kulit.

Baca Juga: 5 Tahapan Penggunaan Skincare yang Tepat Sebelum Memakai Makeup

3. Kunyit

Kunyit

Kunyit terkenal dengan kemampuannya dalam mengobati banyak gangguan kulit. Dalam budaya India, kombinasi antara pasta kunyit dan susu segar yang dioleskan secara rutin ke wajah sebelum menikah diklaim mampu mempercantik kulit.

Lebih dari obat tradisional, kunyit atau curcuma longa secara klinis terbukti menunjukkan sifat anti-inflamasi, antimikroba, antioksidan, dan anti-neoplastik. Ada pula bukti yang berkembang tentang manfaat dermatologis dari komponen aktif kunyit bernama kurkurmin. Dalam sebuah penelitian, memanfaatkan kandungan kurkumin dalam kunyit baik secara topikal maupun oral terbukti bisa memodulasi kesehatan dan fungsi kulit dengan positif.

Terdapat beragam artikel ilmiah yang memvalidasi efek kunyit pada berbagai kondisi kulit termasuk membantu mengurangi jerawat, alopecia, dermatitis atopik, photoaging wajah, oral lichen planus, pruritus, psoriasis, radiodermatitis, dan vitiligo. Intinya, kunyit merupakan salah satu herbal paling efektif untuk merawat kondisi kulit dan meningkatkan kesehatan kulit.

4. Lidah buaya

Gel Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera termasuk ramuan ayurveda yang memiliki banyak manfaat. Di dalam lidah buaya, ditemukan berbagai sifat penyembuhan, anti-inflamasi, dan antioksidan. Sebagai tonik kecantikan, lidah buaya diketahui dapat merangsang regenerasi sel kulit, mengurangi kerutan wajah, serta meningkatkan elastisitas dan produksi kolagen.

Lidah buaya kaya akan senyawa bermanfaat seperti antrakuinon, glukomanan atau polimannosa, mukopolisakarida, acemannan, enzim, vitamin, dan mineral. Ini juga mengandung hormon tanaman seperti auksin dan giberelin.

Lidah buaya diklaim mampu melindungi kulit dari peradangan dengan menghambat jalur siklooksigenase dan mengurangi produksi prostaglandin E2 dari asam arakidonat. Lidah buaya juga memiliki efek kohesif pada sel-sel epidermis dengan membantunya tetap bersatu. Adapun kandungan asam amino dalam lidah buaya bisa melembutkan sel-sel kulit yang mengeras, sementara kandungan zinc-nya dapat bertindak sebagai zat untuk mengencangkan pori-pori.

Penelitian telah menemukan bahwa lidah buaya memiliki efek melembabkan yang bermanfaat untuk merawat kulit kering, meningkatkan integritas kulit, dan bahkan menghambat jerawat.

Demikian 4 ramuan ayurveda yang bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit. Kira-kira, ramuan ayurveda mana yang ingin Anda masukkan ke dalam rutinitas perawatan kulit?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News