Keluarga

5 Tahapan Penggunaan Skincare yang Tepat Sebelum Memakai Makeup

5 Tahapan Penggunaan Skincare yang Tepat Sebelum Memakai Makeup

MOMSMONEY.ID - Yuk, cari tahu 5 tahapan penggunaan skincare yang tepat sebelum memakai makeup.

Terbukti, makeup mampu menyempurnakan tampilan wajah. Namun, apabila kulit tidak terawat maka hasil dari makeup yang digunakan pun akan kurang maksimal.

Pasalnya, makeup tidak akan menempel dengan baik apabila kondisi kulit wajah tidak mendukung, misalnya terlalu kering atau sangat bertekstur.

Nah, untuk mengatasinya, rutinitas skincare penting untuk dibiasakan baik pada pagi hari, malam hari, dan sebelum menggunakan makeup.

Supaya optimal, tahapan penggunaan skincare sebelum memakai makeup perlu dilakukan secara berurutan supaya formula dari skincare itu sendiri dapat bekerja dengan semestinya.

Melansir Women'sHealth dan The Zoe Report, inilah 5 tahapan penggunaan skincare yang tepat sebelum memakai makeup menurut dermatologist:

Baca Juga: Rangkaian Skincare Sukin yang Aman untuk Merawat Kulit Sensitif, Tertarik Mencoba?

1. Cleanser

Sebelum dipoleskan makeup, pastikan kulit dalam keadaan bersih. Moms bisa mencuci muka selepas bangun tidur dengan menggunakan face wash yang biasa digunakan. Hal ini dilakukan untuk membersihkan wajah dari minyak berlebih dan sisa skincare semalam.

Selain menggunakan face wash, Moms juga bisa menggunakan micellar water terlebih jika kulit Moms termasuk sensitif.

Jangan lupa untuk menggunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit. Gunakanlah produk yang mengandung ceramide, gliserin, atau berbasis minyak jika kulit Moms kering.

Untuk Moms yang memiliki tipe kulit berminyak, produk dengan formula berbasis gel bisa menjadi pilihan.

2. Toner

Setelah wajah bersih, Moms bisa melanjutkan tahap selanjutnya dengan menggunakan toner. Toner akan membantu memberikan hidrasi setelah kelembaban pada kulit wajah berkurang pasca cuci muka.

Selalu ingat untuk menggunakan toner yang tidak mengandung formula terlalu keras bagi kulit. Gunakan toner secukupnya agar kulit tidak berubah menjadi kering.

Bagi Moms yang kulitnya sangat berminyak, Moms bisa memakai toner yang terdapat kandungan astringen dan witch hazel di dalamnya.

Baca Juga: 5 Cara Menyamarkan Kerutan dengan Bantuan Makeup

3. Serum

Serum merupakan salah satu skincare yang memiliki fungsi cukup banyak.

Pilihan serum terbaik yang bisa Moms gunakan ialah serum antioksidan seperti serum vitamin C. Serum jenis ini tidak hanya mampu melembabkan namun bisa juga mengatasi hiperpigmentasi dan tanda-tanda penuaan.

Yang tidak kalah luar biasanya, serum antioksidan mampu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari dan polusi udara. Dengan begitu, kulit wajah Moms akan mendapatkan proteksi tambahan selain dari tabir surya.

4. Moisturizer

Moisturizer atau pelembab memiliki peranan penting untuk mengunci semua kebaikan dari skincare yang telah digunakan sebelumnya.

Bukan hanya itu, moisturizer juga memiliki formula melembabkan sehingga sangat pas digunakan untuk menghindari makeup mengelupas akibat kulit yang terlalu kering.

Meskipun begitu, bukan berarti moisturizer hanya diperuntukkan bagi tipe kulit kering. Pemilik kulit berminyak juga harus menggunakan moisturizer untuk mencegah peningkatan produksi minyak wajah.

Moms bisa menggunakan produk moisturizer dengan formula yang ringan sebelum menggunakan makeup. Pada malam hari sebelum tidur, Moms dapat menggunakan moisturizer dengan formula yang lebih berat.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Kenali 10 Gejala Gangguan PCOS pada Perempuan

5. Sunscreen

Bagi Moms yang masih bingung manakah di antara moisturizer dan sunscreen yang harus digunakan terlebih dahulu, maka jawabannya adalah moisturizer dulu baru sunscreen.

Sunscreen merupakan produk penutup dalam serangkaian skincare rutin pada pagi atau siang hari. Jangan sampai urutannya terbalik agar manfaat sunscreen tidak terhalangi.

Sunscreen menjadi produk yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, kandungan SPF dalam sunscreen sangat berguna untuk menepis bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan kanker dan penuaan dini.

Walaupun makeup yang Moms gunakan sudah mengandung SPF, harus tetap menggunakan sunscreen di bawah makeup. 

Sebab, kandungan SPF dalam produk makeup dinilai kurang efektif untuk melindungi kulit dibandingkan produk sunscreen yang digunakan secara tersendiri.

Moms, itulah 5 tahapan penggunaan skincare yang tepat sebelum memakai makeup, menurut dermatologist. Meskipun Moms tidak menggunakan makeup, pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News