Bugar

4 Penyebab Wajah Memerah Setelah Pakai Skincare

4 Penyebab Wajah Memerah Setelah Pakai Skincare

MOMSMONEY.ID - Ketahui penyebab wajah memerah setelah menggunakan skincare. Wajah memerah merupakan salah satu tanda bahwa produk yang digunakan tidak cocok dengan wajah Anda. 

Saat ini ada banyak sekali bahan aktif yang digunakan di dalam produk skincare. Setiap jenis kulit tentu memiliki tingkat reaksi yang beda-beda dengan bahan aktif skincare tertentu. 

Jika kulit memerah setelah memakai skincare, simak penyebab wajah memerah di bawah ini dilansir dari jovee.id

1. Fragrance

Penyebab wajah memerah setelah pakai skincare adalah fragrance.

Meskipun unsur ini dicantumkan sebagai bahan tunggal pada label pembuatan produk skincare, ternyata wewangian dapat mengandung ratusan komponen kimia yang berbeda-beda. Banyak di antaranya yang berisiko mengiritasi kulit.

2. Pengawet/ Preservatives

Penyebab wajah memerah selanjutnya adalah pengawet atau preservatives sering menimbulkan masalah iritasi pada kulit.

Meskipun bahan ini diperlukan untuk mencegah kualitas produk menurun seiring waktu, bahan pengawet diketahui dapat menyebabkan dermatitis kontak pada sebagian orang.

Beberapa bahan pengawet yang paling mungkin menyebabkan dermatitis kontak adalah formaldehyde, isothiazolinone, methylisothiazolinone, dan quaternium-15.

Baca Juga: 3 Cara Mencerahkan Kulit yang Gelap dari Rumah, Cobain Yuk!

3. Pewarna

Berikutnya, pewarna bisa menyebabkan wajah memerah juga. Selain pewangi dan pengawet, bahan pewarna juga menjadi bahan yang perlu diwaspadai karena dapat menimbulkan risiko.

Biasanya orang yang alergi terhadap pewarna makanan juga kemungkinan besar mengalami alergi terhadap pewarna yang digunakan dalam kosmetik atau produk skincare.

Pewarna apapun dapat menyebabkan dermatitis kontak pada kulit sensitif. Tetapi warna merah dan warna kuning cenderung menjadi penyebab masalah yang paling umum.

4. Bahan alami 

Penyebab wajah memerah setelah pakai skincare lainnya adalah bahan alami. Minyak atsiri atau essential oil adalah penyebab umum.

Meskipun bahan ini dapat memberikan produk perawatan kulit aroma yang menarik, bahan ini seringkali menyebabkan iritasi jika digunakan dalam konsentrasi tinggi.

Bahan lain yang berpotensi membuat wajah memerah setelah pakai skincare adalah tea tree oil. Tea tree oil adalah minyak esensial yang paling sering dikaitkan sebagai penyebab dermatitis. Beberapa tetes tea tree oil saja dapat memicu reaksi yang merugikan pada beberapa orang.

Selain tea tree oil, minyak lain yang cenderung mengiritasi kulit sensitif adalah minyak peppermint, ylang-ylang, minyak cengkeh, minyak kayu manis, dan minyak esensial cassia.

Jadi, itulah penyebab wajah memerah setelah pakai skincare. Perhatikan kembali kandungan skincare yang akan Anda gunakan, ya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News