Bugar

3 Cara Mencerahkan Kulit yang Gelap dari Rumah, Cobain Yuk!

3 Cara Mencerahkan Kulit yang Gelap dari Rumah, Cobain Yuk!

MOMSMONEY.ID - Jadi tidak percaya diri, inilah cara mencerahkan kulit gelap dari rumah. Penyebab kulit gelap biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Bagi wanita Indonesia, memiliki kulit cerah dan bersih tujuan utama untuk meningkatkan kepercayaan diri. Saat ini ada banyak produk perawatan tubuh yang dipercaya bisa mencerahkan kulit gelap.

Jika Anda ingin menggunakan cara alami dari rumah, simak tiga cara mencerahkan kulit yang gelap dilansir dari jovee.id : 

1. Eksfoliasi atau Pengelupasan

Cara pertama mencerahkan kulit yang gelap adalah eksfoliasi atau pengelupasan. Eksfoliasi atau pengelupasan lembut dengan scrub buatan sendiri atau yang dibeli di toko dapat membantu mencerahkan warna kulit.

Hal ini dikarenakan eksfoliasi adalah proses mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit yang menyebabkan kulit tampak gelap dan kusam.

Jika Anda melakukan eksfoliasi, berhati-hatilah untuk menghindari sinar matahari setelah perawatan.

Gunakan sunscreen untuk tubuh dan kenakan pakaian yang menutupi tubuh karena sel kulit mati yang terangkat membuat kulit kita lebih rentan terhadap sengatan matahari dan kerusakan kulit.

Baca Juga: Ketahui 4 Penyebab Wajah Memerah Setelah Pakai Skincare

2. Lidah Buaya

Cara mencerahkan kulit yang gelap selanjutnya adalah lidah buaya. Gel lidah buaya dapat membantu menenangkan kulit yang meradang akibat sengatan sinar matahari.

Sebuah penelitian menemukan bahwa lidah buaya dapat menekan pelepasan melanin dan mengurangi risiko pigmentasi pada kulit yang terpapar sinar UV.

3. Kunyit

Berikutnya, Anda bisa menggunakan kunyit untuk mencerahkan kulit gelap. Kunyit adalah rempah-rempah berwarna kuning cerah yang secara tradisional telah banyak digunakan masyarakat Asia untuk membantu mencerahkan kulit.

Meskipun belum terbukti secara klinis mampu membantu mencerahkan kulit, sebuah penelitian menemukan bahwa kunyit dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Studi tersebut juga menemukan bahwa kunyit dapat meningkatkan hidrasi kulit dan berfungsi sebagai minyak pelindungi yang alami.

Itulah beberapa cara mencerahkan kulit yang gelap dari rumah. Pastikan bahan atau produk yang digunakan aman untuk kulit Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News