CLOSE [X]
ads

4 Penyebab Munculnya Lingkaran Hitam di Bawah Mata yang Sering Dialami

Reporter: Rizka Noveliana
Sabtu, 22 Januari 2022 | 04:50 WIB
4 Penyebab Munculnya Lingkaran Hitam di Bawah Mata yang Sering Dialami


MOMSMONEY.ID - Siapa yang tidak merasa risih ketika lingkaran hitam di bawah mata Anda muncul. Lingkaran hitam di bawah mata membuat penampilan Anda cukup terganggu. Walaupun lingkaran hitam dapat ditutupi dengan make up, namun ada baiknya untuk segera diatasi.

Lingkaran hitam di bawah mata muncul tentu ada penyebabnya, ya. Agar lebih berhati-hati lagi, cari tahu penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata Anda. Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, inilah penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata, yaitu: 

1. Kekurangan Vitamin

Penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata yaitu kekurangan vitamin. Pola makan yang tidak seimbang dan tidak ada vitamin dan nutrisi yang cukup. Oleh karena itu, Anda wajib memperhatikan asupan gizi dan vitamin sesuai dengan kebutuhan tubuh. Perlunya untuk menerapkan pola makan sehat seperti mengonsumsi buah, sayuran dan vitamin.

2. Dehidrasi

Penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata selanjutnya adalah dehidrasi. Kekurangan cairan menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Tidak hanya membuat kulit menjadi kering, kurangnya air dalam tubuh juga menimbulkan lingkaran hitam pada area mata.

Dehidrasi akan membuat lingkaran hitam semakin jelas dan membuat kulit di sekitar mata tampak kering dan kasar. Oleh karena itu, pastikan Anda untuk meminum air mineral minimal 8 gelas sehari.

Lingkaran hitam mata

Baca Juga: Inilah Cara Merawat Rambut Berminyak dari Rumah, Cobain Yuk!

3. Penuaan Kulit

Lingkaran hitam di bawah mata juga disebabkan oleh penuaan kulit di usia yang tidak muda lagi. Seiring bertambahnya usia, kulit turut mengalami perubahan. Kulit sekitar mata menjadi lebih tipis dan mulai kehilangan kolagen. Kondisi inilah membuat pembuluh darah jadi lebih terlihat di permukaan kulit sehingga area sekitar matapun terlihat menghitam

4. Kebiasaan yang Tidak Sehat 

Penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata lainnya adalah kebiasaan yang tidak sehat. Kebiasaan itu seperti merokok, minum alkohol dan kafein, serta tidak membersihkan riasan mata dengan benar. Kebiasaan tersebut dapat memunculkan lingkaran hitam di area mata. 

Merokok dapat membuat pembuluh darah jadi lebih menonjol, sehingga menyebabkan lingkaran hitam muncul. Kurangnya olahraga juga menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh tidak sempurna sehingga darah berkumpul di bawah mata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana

Terbaru