HOME, Bugar

Inilah Cara Merawat Rambut Berminyak dari Rumah, Cobain Yuk!

Inilah Cara Merawat Rambut Berminyak dari Rumah, Cobain Yuk!

MOMSMONEY.ID - Mengalami masalah rambut berminyak? Rambut berminyak membuat penampilan jadi terganggu karena rambut tidak mengembang dan berkilau alami.

Rambut berminyak disebabkan oleh kelebihan produksi kelenjar minyak di kulit kepala. Untuk mengatasi masalah ini, berikut beberapa cara merawat rambut berminyak dilansir dari herworld.co.id, yaitu : 

1. Gunakan Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Pertama, gunakan produk perawatan rambut yang tepat untuk rambut berminyak. Pada rambut berminyak, dry shampoo adalah jenis sampo yang tepat bagi kondisi kulit kepala Anda, karena bebas dari kandungan berminyak.

Namun, kelemahan dari dry shampoo yaitu terjadi penumpukan residu yang dapat membuat rambut dan kulit kepala terasa 'berpasir' dan kotor. Pada dry shampoo, terdapat satu kandungan yang harus Anda hindari pada produk perawatan rambut berminyak, yaitu silikon seperti Dimetikon, Siklometikon, dan Amodimetikon.

Silikon pada sampo dan produk perawatan rambut ternyata dapat menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala. Bahkan, silikon juga mencegah kelembaban yang dibutuhkan meresap ke batang rambut sehingga memicu terjadinya kerontokan rambut.

2. Rutin Keramas

Cara merawat rambut berminyak selanjutnya adalah rutin melakukan keramas. Hal ini dikarenakan keramas bisa menjadi salah satu penyebab rambut berminyak. Sebaiknya, lakukan keramas minimal satu kali sehari, namun jika Anda dapati produksi minyak meningkat, segera kurangi frekuensinya menjadi dua kali sehari.

Saat keramas juga gunakan teknik yang tepat seperti mengusapkan sampo hingga akar dan kulit kepala. Hindari mengusap kepala menggunakan kuku atau membuat gesekan yang bisa menyebabkan luka di kulit kepala. Hal ini dapat mengakibatkan iritasi kulit kepala dan menghasilkan lebih banyak minyak.

Baca Juga: Kenali Manfaat Squalane Oil untuk Wajah di Dalam Produk Skincare

3. Hindari Rambut Lembap dan Lepek

Rambut berminyak juga perlu dihindari saat kondisi rambut lembap dan lepek. Segera keringkan rambut yang baru saja dikeramas, jangan biarkan rambut Anda lembap dalam waktu yang lama.

Pemakaian pengering saat rambut dalam kondisi baru saja dikeramas juga tidak disarankan karena dapat merusak rambut, tapi pastikan rambut Anda sudah benar-benar kering sebelum Anda tutup dengan helm ataupun jilbab, keringkan dengan handuk.

Anda bisa membuat tonik rambut dari cuka apel dan perasan lemon. Cuka apel dapat membantu membersihkan kulit kepala dari minyak berlebih, sedangkan perasan lemon dapat mencegah datangnya ketombe.

Buatlah tonik yang diaplikasikan setelah keramas dengan campuran dari air dan masing-masing 2 sendok makan cuka apel, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Tidur Cukup

Cara merawat rambut berminyak selanjutnya adalah tidur yang cukup. Tidur sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan rambut. Kurangnya tidur atau pola tidur yang terganggu dapat menyebabkan stres atau depresi sehingga memicu timbulnya hormon kortisol atau dikenal juga stres hormon.

Hormon ini juga merupakan hormon yang berhubungan langsung dengan permasalahan rambut. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengatur waktu sebaik mungkin agar Anda mendapat waktu istirahat yang cukup. Orang dewasa setidaknya membutuhkan kurang lebih 8 jam waktu untuk beristirahat.

5. Pola Makan Sehat

Cara merawat rambut berminyak lainnya yaitu pola makan sehat. Mulai sekarang Anda perlu mengurangi nutrisi ataupun protein dalam tubuh yang akan berpengaruh pada kondisi rambut.

Hindari makanan berminyak seperti gorengan, karena kulit kepala memiliki kelenjar berminyak, dan makan makanan berminyak akan mengirimkan kelenjar minyak ke seluruh tubuh, termasuk ke kulit kepala.

Pilihlah makanan yang mengandung omega-3 untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mengurangi produksi minyak. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan menjadi salah satu cara mengatasi rambut berminyak dari dalam. Ditambah juga dengan cukupi cairan tubuh dengan minum air 8 gelas/hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News