Bugar

4 Penyebab Kerutan di Dahi, Stres hingga Make-Up Sembarangan!

4 Penyebab Kerutan di Dahi, Stres hingga Make-Up Sembarangan!

MOMSMONEY.ID - Ketahui beberapa penyebab kerutan di dahi. Munculnya kerutan di dahi sebenarnya hal wajar dialami oleh orang yang sudah tua.

Namun, jika dialami oleh usia terbilang muda, maka Anda perlu mencari tahu penyebab kerutan dahi pada wajah.

Kerutan di dahi cukup mengganggu penampilan wajah sehari-hari, karena membuat Anda terlihat lebih tua. Berikut empat penyebab kerutan di dahi pada wajah, dilansir dari evamuliaclinic.com

1. Stres

Penyebab kerutan di dahi yaitu stres. Saat seseorang sedang mengalami stres yang disebabkan oleh banyak faktor tentunya akan berpengaruh pada kondisi fisik, termasuk kulit di dahi. 

Di saat stres, cenderung lebih sering mengerutkan kening, karena banyak berpikir. Jika Anda melakukannya terlalu sering, hasilnya akan membentuk kerutan yang akan cukup terlihat.

Baca Juga: Berani Nonton? Ini Daftar 5 Film Horor Terbaru Netflix Bikin Merinding

2. Sering mengerutkan dahi

Penyebab kerutan di dahi selanjutnya yaitu sering mengerutkan dahi. Ekspresi saat berpikir, marah atau cemberut tanpa sadar akan membentuk kerutan di dahi. 

Kerutan di dahi adalah bentuk komunikasi non-verbal yang Anda tunjukkan ketika berpikir, merasa terkejut atau tidak setuju tentang sesuatu.

Jika kebiasaan ini sudah menjadi bagian dari cara kita menunjukkan ekspresi wajah, lama kelamaan akan membentuk kerutan di dahi, yang berbentuk seperti garis lipatan.

Baca Juga: Ketahui 4 Penyebab Wajah Memerah Setelah Pakai Skincare

3. Sinar matahari

Sinar matahari dapat menjadi penyebab munculnya kerutan di dahi pada wajah. Jika Anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan tanpa memakai tabir surya, sinar matahari akan cepat mengkondisikan kulit Anda dengan merusak jaringan elastis.

Seiring waktu, kulit akan terlihat kendur dan berkerut, membuat Anda terlihat lebih tua. Penuaan dini membuat kulit rentan terhadap kerutan, seperti yang terjadi di area dahi.

4. Pemakaian make-up

Ternyata pemakaian make-up dapat memunculkan kerutan di dahi juga jika Anda tidak memperhatikan kandungan produk tersebut.

Misalnya menggunakan krim wajah, padahal produk tersebut mungkin mengandung bahan pemutih yang berbahaya bagi wajah.

Kebiasaan menggunakan make-up yang tidak disesuaikan dengan kebutuhan dapat memungkinkan munculnya kerutan di wajah, termasuk di dahi.

Penggunaan bahan yang berbahaya dapat ditemukan pada make-up yang kurang aman untuk diproduksi dan tidak mendapatkan izin dari BPOM.

Nah, itulah beberapa penyebab kerutan di dahi yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News