4 Minuman Teh untuk Meningkatkan Suasana Hati, Bisa Usir Bad Mood dalam Sekejap

Reporter: Ana Risma
Rabu, 07 Desember 2022 | 20:30 WIB
4 Minuman Teh untuk Meningkatkan Suasana Hati, Bisa Usir Bad Mood dalam Sekejap


MOMSMONEY.ID - Inilah 4 minuman teh untuk meningkatkan suasana hati. Yuk, coba!

Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa intervensi kesehatan kecil seperti latihan pernapasan, meditasi, dan berjalan-jalan sebentar dapat secara signifikan meningkatkan suasana hati serta membantu mengatur sistem saraf.

Bukan hanya itu, secangkir teh hangat dari varietas tertentu juga bisa membantu menenangkan saraf dan mengangkat kembali suasana hati Anda lho.

Fakta ini diperkuat dengan adanya penelitian yang mengungkapkan bahwa minum teh merupakan cara yang bagus untuk menenangkan pikiran, membantu mencegah penyakit kardiovaskular, dan bahkan meningkatkan kepadatan tulang.

Dilansir dari laman Well+Good, seorang spesialis nutrisi olahraga bersertifikat bernama Kylene Bogden, RDN, membagikan 4 minuman teh untuk meningkatkan suasana hati. Berikut daftarnya:

Baca Juga: 5 Tips Perawatan Kulit Sebelum Menikah yang Perlu Diterapkan Calon Pengantin

1. Teh hijau

Minuman teh untuk meningkatkan suasana hati yang pertama adalah teh hijau. Teh hijau sangat baik untuk meningkatkan suasana hati karena penuh dengan antioksidan dan tambahan kafein. Teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang mampu mendukung peningkatan suasana hati, menurut banyak penelitian.

Sebagaimana dijelaskan oleh psikiater bernama Daniel Amen, MD, L-theanine telah dikaitkan dengan banyak efek psikotropika yang bermanfaat terutama dalam hal mengurangi kecemasan dan stres.

Temuan dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa sifat anti-stres dalam L-theanine terletak pada kemampuannya untuk meredam hormon stres kortisol. Uji coba terkontrol acak lainnya menemukan bahwa mengonsumsi L-theanine secara signifikan menurunkan sistem respons stres tubuh.

2. Teh chamomile

Minuman teh untuk meningkatkan suasana hati yang kedua adalah teh chamomile. Teh chamomile sangat baik untuk relaksasi, tidur lebih nyenyak, dan meningkatkan pencernaan. Teh chamomile juga dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, chamomile kerap digunakan untuk memindahkan qi (energi vital manusia) dan mengobati stagnasi atau energi yang tertahan.

Sementara itu, dalam ayurveda, chamomile digunakan untuk mengatasi gas dalam perut, kembung, nyeri haid, insomnia, dan menenangkan sistem saraf.

Baca Juga: Simak 4 Cara Memilih Sheet Mask Sesuai dengan Jenis Kulit

3. Teh jahe

Minuman teh untuk meningkatkan suasana hati yang ketiga adalah teh jahe. Kendati bercita rasa pedas, faktanya teh jahe dapat meningkatkan suasana hati dengan meningkatkan sirkulasi. Adapun sirkulasi yang lebih baik akan mendorong lebih banyak vitamin dan mineral untuk mencapai lebih banyak tujuan dalam tubuh yang mengarah pada peningkatan suasana hati.

Penelitian menunjukkan bahwa jahe efektif dalam mengurangi peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit berkat senyawa yang disebut gingerol. Gingerol adalah senyawa bioaktif dalam jahe yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Jika Anda kurang cocok dengan rasa teh jahe yang menyengat, Anda bisa menambahkan madu ke dalamnya untuk membantu melunakkan rasanya yang terlalu kaya dan kuat.

4. Teh kunyit

Minuman teh untuk meningkatkan suasana hati yang terakhir adalah teh kunyit. Kunyit telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan ayurveda selama ribuan tahun.

Mengandung lebih dari 200 senyawa fitokimia termasuk kurkumin, kunyit juga memiliki polifenol yang dapat mendukung kadar Brain-derived neurotrophic factor (BDNF) yang sehat untuk meningkatkan suasana hati dan membantu mengatasi situasi stres dengan lebih baik.

Untuk membuat teh kunyit, yang Anda butuhkan hanyalah kunyit segar atau kunyit bubuk dan air panas.

Itulah 4 minuman teh untuk meningkatkan suasana hati yang bisa Anda konsumsi saat bad mood menyerang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER