Santai

4 Manfaat Trauma Healing Pasca Tragedi, Mengurangi Risiko PTSD

4 Manfaat Trauma Healing Pasca Tragedi, Mengurangi Risiko PTSD

MOMSMONEY.ID - Moms, ingin tahu apa saja manfaat dari trauma healing? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari trauma healing yang wajib diketahui.

Setelah terjadi tragedi kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, segala bentuk bantuan terus mengalir sebagai salah satu bentuk simpati.

Termasuk, bantuan psikologis seperti trauma healing. Ada beberapa manfaat dari menggunakan fasilitas konseling ini untuk mengobati trauma.

Berikut manfaat dari trauma healing di antaranya:

Baca Juga: Hati-Hati! Kenali Efek Samping Melatonin Sebagai Obat Tidur

Lebih memahami diri

Untuk menerima dan memahami diri pasca kejadian buruk yang dialami tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Cara tepat untuk membantu memahami dan menerima diri adalah dengan melakukan konseling.

Trauma healing tentu bisa digunakan para korban dari tragedi Kanjuruhan untuk lebih memahami trauma dan menerima keadaan. Sebab, jika hal tersebut tidak dilakukan, maka kesulitan lain akan lebih mudah dirasa di kemudian hari.

Mengurangi risiko PTSD

Post-Traumatic Stress Disorder atau PTSD adalah bentuk dari kecemasan atau trauma ekstrim yang dirasakan setelah mengalami hal atau kejadian buruk. Tentu hal tersebut harus segera ditangani agar tidak berlanjut menjadi hal yang merugikan.

Laman Psychological Today menjelaskan, ada tiga bentuk PTSD yang kerap dialami korban. Yakni, trauma ekstrim, menjauhi tempat yang traumatis, serta adanya gangguan hyper-arousal (mudah terkejut, merasa tegang, kesulitan tidur, dan mudah marah).

Baca Juga: 5 Cara untuk Membantu Anda Mengatasi Kecemasan Sebelum Menikah

Memberikan keamanan

Tak hanya keamanan secara fisik yang wajib diberikan pada korban dalam sebuah tragedi. Keamanan secara mental pun juga perlu untuk diberikan melalui fasilitas trauma healing.

Trauma healing memiliki fokus untuk membantu pasiennya menjadi lebih aman dengan memberikan lingkungan yang positif serta penuh dukungan. Sehingga, para pasien dapat dengan mudah mengatasi traumanya dan melakukan proses healing secara menyeluruh namun perlahan.

Pemeriksaan mental menyeluruh

Situs Online Psychology Degree menyatakan, pemeriksaan mental menyeluruh dapat dilakukan melalui fasilitas trauma healing. Melalui fasilitas ini, para pasien bisa mendapatkan pemeriksaan menyeluruh serta cara untuk mengatasi trauma.

Nantinya, pasien akan dibantu untuk mencari tahu akar trauma dan bagaimana cara untuk mengatasinya, baik secara mental maupun fisik.

Beberapa manfaat trauma healing tersebut wajib diketahui para korban dalam sebuah tragedi. Dengan begitu, bisa mengatasi trauma dan menjalani hidup kembali dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News