Keluarga

4 Makanan Anak Kucing Umur 1 Bulan yang Aman Dikonsumsi

4 Makanan Anak Kucing Umur 1 Bulan yang Aman Dikonsumsi

MOMSMONEY.ID - Anak kucing yang telah berusia 1 bulan boleh mengonsumsi makanan. Ada empat makanan anak kucing umur 1 bulan yang aman untuk dikonsumsi. 

Berbeda dengan kucing dewasa, nutrisi makanan anak kucing umur 1 bulan masih perlu diperhatikan. Pada usia 1 bulan, anak kucing masih mendapatkan nutrisi dan makanan dari ASI induknya. 

Meski demikian, pada usia tersebut anak kucing mulai dibiasakan untuk tidak minum susu induknya. Anak kucing boleh mulai dikenalkan dengan makanan yang kaya nutrisi dan aman untuknya. 

Mengutip RSPCA, nutrisi yang dibutuhkan anak kucing adalah kalori, protein, asam lemak omega, multivitamin, mineral, dan fosfor. 

Baca Juga: Tahap Pertumbuhan Anak Kucing dari Lahir hingga 2 Bulan, Simak Tips Merawat

Untuk itu, berikut makanan anak kucing umur 1 bulan yang aman dikonsumsi:

Makanan basah (wet food)

Kucing Makan

Makanan basah adalah jenis yang tepat untuk mengenalkan makanan kepada anak kucing. Makanan basah telah mengandung protein, vitamin, mineral, dan unsur-unsur lainnya.

Namun, Anda harus teliti dalam mengecek kemasan sebelum membelinya. Sebab, makanan basah juga diperuntukan untuk kucing dewasa.

Sesuaikan usia kucing dalam memilih kemasan makanan ini. Lalu, mengecek kadaluwarsa juga jangan sampai terlewat.

Susu khusus 

Jika anak kucing masih canggung dalam memakan makanan basah, Anda dapat menyelinginya dengan memberikan kucing susu khusus kucing sebagai tambahan.

Saat memberikan susu, Anda dapat menggunakan botol susu kucing, alat suntik tanpa jarum, atau pipet. Teteskan susu secara perlahan ke mulut kucing sebagai permulaan.

Jika kucing sudah terbiasa dan menyukainya, Anda dapat melanjutkan pemberian dengan botol susu.

Baca Juga: Tahap Perkembangan Kucing Usia 2 Bulan hingga Dewasa Beserta Cara Merawatnya

Daging ikan rebus 

Daging ikan bisa jadi ide yang baik untuk mengenalkan anak kucing makanan padat. Anda perlu mengolahnya terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri di dalamnya.

Anda dapat memotongnya kecil-kecil, membuang tulang, merebus tanpa bumbu, dan menghaluskannya sebelum diberikan kepada anak kucing.

Awasi selalu bagaimana mereka makan. Sebab, anak kucing yang belum terbiasa makan bisa mengalami tersedak.

Baca Juga: Jangan Dibiarkan Rusak, Begini Cara Menghentikan Kucing Memanjat Gorden

Ikan kalengan 

Makanan ikan kalengan bisa diberikan asal mereka tidak mengandung bumbu yang berat seperti bawang bombai, saus, bawang putih, dan zat beracun bagi kucing lainnya. Makanan kaleng dapat berupa sarden, tuna, dan salmon.

Nah, itulah beberapa makanan anak kucing umur 1 bulan yang aman dikonsumsi dan bantu menambah nutrisinya. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News