HOME, Keluarga

4 Kesalahan dalam Mengatur Pencahayaan Ini Bisa Bikin Rumah Terasa Suram, Lo!

4 Kesalahan dalam Mengatur Pencahayaan Ini Bisa Bikin Rumah Terasa Suram, Lo!

MOMSMONEY.ID - Pencahayaan atau lighting merupakan salah satu faktor yang menentukan kenyamanan seseorang ketika berada di rumah.

Jika pencahayaan di dalam rumah optimal, tentu penghuni rumah bisa melihat seisi rumah dengan lebih baik. Namun, jika pencahayaan di rumah kurang baik, penghuni rumah bisa kesulitan mengerjakan kegiatan sehari-hari dan mengalami kelelahan mata.

Oleh karena itu, pengaturan pencahayaan yang baik di rumah perlu dipikirkan secara matang. Dilansir dari Rovert Australia dan Good Housekeeping, berikut beberapa kesalahan dalam mengatur pencahayaan di rumah yang perlu Anda hindari.

Baca Juga: 5 Manfaat Sinar Matahari untuk Rumah, Mulai dari Estetika hingga Kesehatan

Hanya menggunakan satu sumber pencahayaan di suatu area

Tidak jarang suatu ruangan atau suatu area hanya memiliki satu sumber pencahayaan berupa lampu downlight di tengah ruangan. Hal ini dapat membuat pencahayaan di ruangan tersebut kurang maksimal, karena ada area-area atau sudut tertentu yang kurang terang.

Solusinya, gunakan teknik lighting layering atau memadukan beberapa sumber pencahayaan yang berbeda di satu ruangan. Misalnya, gunakan lampu meja atau lampu dinding sebagai tambahan pencahayaan supaya ruangan tersebut makin terang.

Menggunakan warna lampu yang salah

Memilih warna lampu yang tepat juga berpengaruh pada tampilan interior rumah. Ada lampu yang memiliki cahaya hangat yang kekuningan, dan ada lampu yang memiliki cahaya “dingin” yang kebiruan.

Jadi, sebaiknya Anda menggunakan warna lampu yang sama supaya tampilan rumah terasa lebih harmonis. Selain membuat rumah terasa aneh dipandang, penggunaan warna lampu yang salah atau tidak serasi bisa menyebabkan mata kurang nyaman.

Baca Juga: 6 Cara Memaksimalkan Sinar Matahari Masuk ke Rumah, Mudah dan Bikin Sehat!

Menggunakan warna cat dinding yang salah

Jangan salah, warna cat dinding juga bisa berpengaruh pada pencahayaan di suatu ruangan, lo!

Pada dasarnya, warna cat dinding yang terang akan membantu memantulkan dan menyebarkan cahaya ke seluruh ruangan, sehingga akan membuat interior rumah terasa lebih cerah dan lapang. Sebaliknya, jika Anda menggunakan warna cat dinding yang gelap, cahaya tersebut malah akan terserap dan membuat ruangan terasa suram.

Jika Anda berencana untuk menggunakan warna cat dinding yang gelap pada suatu ruangan, coba pertimbangkan untuk menggunakan variasi warna yang sedikit lebih terang untuk membantu meningkatkan pencahayaan di ruangan tersebut.

Tidak memperhatikan faktor bayangan

Lampu di suatu ruangan umumnya dipasang pada plafon atau langit-langit rumah. Hal tersebut memang bertujuan untuk menerangi ruangan dengan lebih rata, tapi pemasangan lampu pada plafon juga dapat menimbulkan bayangan yang tidak diinginkan.

Misalnya, bayangan bisa timbul pada wajah sehingga menyulitkan Anda saat merias wajah ketika bercermin. Atau, bayangan bisa timbul pada bawah kabinet dan lemari dapur, sehingga bagian meja dapur menjadi gelap dan membuat Anda sulit beraktivitas.

Solusinya, coba pasang lampu tambahan pada sisi-sisi cermin atau bawah kabinet untuk membantu menerangi sudut-sudut yang terkena bayangan dari lampu tersebut.

Nah, itulah beberapa kesalahan dalam mengatur pencahayaan di rumah. Jika Anda pernah melakukan kesalahan-kesalahan di atas, yuk hindari mulai sekarang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News