5 Manfaat Sinar Matahari untuk Rumah, Mulai dari Estetika hingga Kesehatan

Reporter: Kania Paramahita
Kamis, 25 November 2021 | 17:42 WIB
5 Manfaat Sinar Matahari untuk Rumah, Mulai dari Estetika hingga Kesehatan

ILUSTRASI. Tidak hanya untuk manusia, sinar matahari juga bermanfaat untuk rumah. Foto: Instagram @sweetlittlehouseofmine

MOMSMONEY.ID - Sinar matahari sudah lama dikenal memiliki segudang manfaat untuk manusia, mulai dari meningkatkan kesehatan hingga suasana hati.

Tidak hanya bermanfaat bagi manusia, tapi sinar matahari juga dapat mendatangkan banyak manfaat untuk rumah atau hunian. Oleh karena itu, penting bagi suatu rumah untuk mendapatkan pencahayaan alami dari matahari sebanyak-banyaknya.

Kira-kira, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari keberadaan sinar matahari di rumah? Dilansir dari Sheer Homes, Cherwell UK, dan Alure.com, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Bisa Berpengaruh Pada Kesehatan, Ini 3 Tanda Rumah Anda Kekurangan Sinar Matahari

Menghemat energi dan pengeluaran

Sudah bukan rahasia lagi jika sinar matahari yang masuk ke rumah bisa membantu mengurangi penggunaan lampu di siang hari.

Nah, rumah Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup di siang hari, maka Anda tidak perlu banyak-banyak menggunakan lampu untuk menerangi rumah. Selain menghemat energi, Anda juga dapat menghemat pengeluaran untuk membayar tagihan listrik.

Mempercantik rumah

Sinar matahari yang masuk ke dalam rumah dapat membantu menonjolkan interior rumah dan mempercantik penampilan rumah Anda.

Selain itu, jika memasuki jam-jam tertentu, sinar matahari yang masuk ke rumah Anda bisa terlihat sangat cantik sehingga akan bagus jika difoto. Anda pun bisa mendapatkan foto yang instagrammable tanpa perlu repot-repot mencari pencahayaan tambahan.

Meningkatkan kesehatan fisik penghuni rumah

Selain mempercantik rumah, sinar matahari tetap dapat membantu meningkatkan kesehatan manusia yang menghuni rumah tersebut.

Banyak sekali manfaat dari sinar matahari untuk kesehatan manusia, seperti mengurangi mata yang lelah akibat ruangan yang gelap, meningkatkan kualitas tidur, mendapatkan asupan vitamin D, meningkatkan imun, hingga menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Gaya Interior Modern dan Kontemporer

Meningkatkan suasana hati penghuni rumah

Tak hanya kesehatan secara fisik, sinar matahari yang masuk ke rumah juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan mental penghuninya.

Misalnya, sinar matahari dapat membantu meningkatkan fokus sehingga lebih produktif, mengurangi kecemasan dan stres, serta meningkatkan suasana hati sehingga merasa lebih bahagia.

Membantu menyehatkan tanaman hias di rumah

Sama seperti tanaman hias yang diletakkan di luar rumah, tanaman hias indoor juga membutuhkan sinar matahari yang cukup supaya bisa tumbuh dengan sehat.

Supaya manfaat yang didapatkan maksimal, ketahui apakah tanaman indoor Anda membutuhkan banyak sinar matahari. Jika tanaman Anda tidak memerlukannya, cukup letakkan tanaman indoor di tempat yang teduh.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika rumah mendapatkan sinar matahari yang optimal. Jadi, jangan anggap sepele masalah pencahayaan alami di rumah, ya!

Selanjutnya: Inspirasi Desain Mushola Minimalis yang Bikin Ibadah Makin Khusyuk

Editor: Kania Paramahita
Terbaru