Keluarga

4 Kandungan Skincare Terbaik untuk Merawat Kulit Kombinasi, Cari Tahu Yuk!

4 Kandungan Skincare Terbaik untuk Merawat Kulit Kombinasi, Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Apa saja kandungan skincare terbaik untuk merawat kulit kombinasi? Temukan jawabannya di sini.

Kulit kombinasi merupakan jenis kulit yang kering atau normal di beberapa area wajah dan cenderung berminyak di area wajah lainnya terutama di sekitar T-zone (hidung, dahi, dan dagu).

Orang dengan kulit kombinasi rentan mengalami komedo putih maupun hitam serta jerawat. Sering kali, permasalahan ini terjadi di area T-zone.

Kendati tampak seperti jenis kulit yang paling sulit untuk dirawat, faktanya kulit kombinasi hanya membutuhkan keseimbangan. Adapun rahasia untuk menyeimbangkan kulit kombinasi yaitu dengan memberinya kandungan skincare yang tepat.

Melansir Pestle & Mortar, ada 4 kandungan skincare terbaik untuk merawat kulit kombinasi. Berikut daftarnya:

Baca Juga: Tampil Memukau di Met Gala 2023, Ini 5 Tips Skincare ala Jennie Blackpink

1. Hyaluronic acid

Kandungan skincare terbaik untuk merawat kulit kombinasi yang pertama yaitu hyaluronic acid. Bersifat non-comedogenic, hyaluronic acid mampu menghidrasi kulit tanpa menyumbat pori-pori. Sehingga, ideal untuk berbagai jenis kulit tidak terkecuali kulit kombinasi.

Jenis kulit kombinasi dapat menghasilkan minyak ekstra akibat dehidrasi. Sebagai solusi untuk mencegah dehidrasi, memakai skincare dengan kandungan yang melembabkan seperti hyaluronic acid sangat diperlukan.

Paling baik diaplikasikan sebagai serum, memasukan bahan humektan ini ke dalam rutinitas skincare dasar akan menjaga kulit kombinasi Anda tetap terhidrasi dengan cukup guna mengurangi risiko produksi sebum berlebih. Menariknya, hyaluronic acid tidak akan membuat kulit terasa berminyak layaknya bahan-bahan pelembab pada umumnya.

2. Lactic acid

Kandungan skincare terbaik untuk merawat kulit kombinasi yang kedua yaitu lactic acid. Lactic acid adalah Alpha-Hydroxy Acid (AHA) yang mampu bekerja dengan baik di semua jenis kulit termasuk kulit kombinasi.

Sangat menghidrasi dan aman untuk kulit sensitif, lactic acid dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran secara lembut tanpa menyebabkan iritasi.

Manfaat utama menggunakan lactic acid untuk kulit kombinasi yaitu meningkatkan kemampuan alami kulit dalam menjaga kelembaban serta menyeimbangkan produksi minyak.

Baca Juga: 5 Manfaat Murumuru Butter untuk Kecantikan Kulit dan Rambut, Melawan Penuaan Dini

3. Squalane

Kandungan skincare terbaik untuk merawat kulit kombinasi yang ketiga yaitu squalane. Hidrasi ringan merupakan kunci untuk merawat kulit kombinasi. Dan, squalane bisa Anda jadikan sebagai andalan.

Squalane mampu meresap dan menembus jauh ke dalam lapisan kulit. Sering ditemukan dalam produk pelembab, squalane memiliki sifat non-comedogenic seperti hyaluronic acid. Sehingga, tidak akan menyumbat pori-pori yang rentan menyebabkan komedo dan jerawat.

Sebenarnya, squalane ditemukan secara alami di kulit. Akan tetapi, jumlahnya cenderung semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Solusinya, tambahkanlah skincare yang mengandung squalane ke dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda.

4. Peptide

Kandungan skincare terbaik untuk merawat kulit kombinasi yang keempat yaitu peptide. Peptide adalah bahan penyusun protein utama yang dibutuhkan kulit agar tetap kenyal dan kuat, seperti kolagen dan elastin.

Ketika digunakan pada kulit, peptide akan membantu membangun skin barrier yang lebih kuat. Skin barrier sendiri adalah pertahanan pertama kulit terhadap bakteri, sinar UV, polusi, dan racun. Ini bisa rusak dengan mudah akibat gaya hidup dan kebiasaan eksfoliasi kulit yang berlebihan.

Dengan memasukkan peptide ke dalam rutinitas skincare kulit kombinasi, itu dapat membantu meredakan peradangan, memperbaiki kulit sensitif, dan meratakan warna kulit.

Itulah 4 kandungan skincare terbaik untuk merawat kulit kombinasi. Jangan sampai keliru lagi ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News