HOME, Keluarga

4 Ide Menata Taman Belakang Rumah yang Minimalis dan Cantik

4 Ide Menata Taman Belakang Rumah yang Minimalis dan Cantik

MOMSMONEY.ID - Bagi pemilik rumah, keberadaan taman rumah yang cantik dan minimalis dapat menghadirkan kesan segar dan menarik, sehingga tampilan rumah Anda akan semakin lengkap.

Anda punya lahan kosong di belakang rumah, tapi bingung bagaimana harus menatanya supaya terlihat cantik? Nah, jadikan saja sebagai taman yang bisa mempercantik penampilan rumah.

Jika butuh inspirasi penataan taman belakang rumah yang minimalis dan cantik, berikut ini ada beberapa contoh taman belakang rumah yang bisa Anda tiru di rumah. Simak, yuk!

Baca Juga: Rekomendasi Bahan Alami dari Dapur Rumah untuk Jadi Pestisida Organik

Area santai yang homey

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Natasha (@nattyk88)

Salah satu cara mudah untuk menata taman belakang rumah adalah dengan memanfaatkannya sebagai tempat piknik atau bersantai keluarga seperti pada gambar di atas.

Beri paving pada seluruh permukaan tanah, kemudian tambahkan meja dan sofa dengan desain yang minimalis dan simpel. Tambahkan payung besar sebagai peneduh bila perlu. Supaya penampilan area bersantai makin cantik, gunakan tanaman segar di sekeliling taman. Anda dapat memilih menggunakan tanaman kesukaan, misalnya tanaman hias, tanaman rambat, atau tanaman berbunga.

Sebagai pemanis, tambahkan pencahayaan dengan warna warm white atau kuning yang hangat. Taman belakang rumah Anda pun beralih fungsi menjadi tempat bersantai yang homey.

Material yang simpel dan minimalis

Jika Anda menginginkan penampilan taman minimalis namun memiliki luas lahan yang kecil, jangan khawatir. Lahan kecil justru cocok didekorasi dengan gaya minimalis.

Memanfaatkan area kosong di belakang rumah, taman pada gambar di atas didekorasi dengan gaya minimalis melalui penggunaan warna dan material yang simpel. Material sederhana seperti semen, batu, dan keramik pun digunakan untuk memberi kesan alami. Selain itu, furnitur seperti meja dan kursi yang digunakan di taman juga harus memiliki desain simpel.

Terakhir, jangan lupakan tanaman yang ditata dengan rapi di sekeliling taman. Pilihlah tanaman hias yang minimalis dan mudah dirawat, serta memiliki bentuk yang serasi dengan penampilan taman Anda.

Baca Juga: Trik Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Sepatu, Mudah Dilakukan!

Taman vertikal untuk menghemat area

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Tayla (@homeuponthelake)

Area lahan di belakang rumah yang sempit bukan halangan untuk bisa berkebun. Solusinya, gunakan model taman vertikal atau vertical garden untuk menghemat area di lahan yang terbatas.

Seperti pada gambar di atas, Anda dapat menggunakan papan kawat alias grid board di sepanjang sisi dinding. Selanjutnya, tinggal menggantungkan pot-pot tanaman di papan kawat tersebut. Gunakan pot yang minimalis sehingga penampilan taman belakang rumah tetap terlihat sederhana.

Untuk lantainya, Anda bisa menggunakan perpaduan paving dan rumput supaya ada variasi tekstur. Warna hijau dari rumput juga bisa menjadi aksen warna yang menyegarkan.

Baca Juga: 5 Tips Mendesain Kamar Tidur yang Aman dan Nyaman untuk Lansia

Bidang rumput yang segar

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Laura (@souterat22)

Untuk menciptakan area bersantai yang nyaman, Anda tidak perlu menggunakan seluruh area taman belakang rumah. Cukup gunakan sebagian kecil dari lahan untuk dijadikan tempat bersantai, kemudian biarkan sisa lahan kosong.

Gambar di atas memanfaatkan sekitar sepertiga lahan untuk dijadikan tempat bersantai dengan meninggikan lantainya, kemudian menambahkan kursi dan sofa. Sisa lahan dibiarkan terbuka dengan perpaduan rumput dan keramik atau paving untuk jalan setapak.

Area rumput yang kosong pun bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain, misalnya untuk area kumpul-kumpul yang lebih besar atau untuk tempat menjemur baju. Supaya tidak terlihat sepi, gunakan tanaman hias yang berjejer di satu sisi untuk menghidupkan taman.

Nah, itulah beberapa inspirasi taman belakang rumah yang minimalis dan tetap fungsional. Adakah desain taman yang menarik perhatian Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News