HOME, Keluarga

Trik Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Sepatu, Mudah Dilakukan!

Trik Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Sepatu, Mudah Dilakukan!

MOMSMONEY.ID - Bau tidak sedap pada sepatu termasuk salah satu jenis bau yang bisa cukup mengganggu di rumah.

Memang, bau tidak sedap di sepatu bisa terasa menjengkelkan. Sebab, kaki yang bersih pun bisa saja tetap membuat sepatu berbau tidak sedap.

Dikutip dari laman Nike, bau pada sepatu biasanya disebabkan oleh keringat dan bakteri dari telapak kaki yang terserap dan terperangkap di dalam sepatu. Jika dibiarkan, baunya tentu akan membuat sepatu Anda tidak nyaman dipakai.

Nah, bagaimana caranya menghilangkan bau tidak sedap tersebut supaya sepatu kesayangan Anda tetap terasa segar sehingga selalu enak dipakai? Melansir penjelasan dari laman Nike dan Home Made Simple, berikut tips dan triknya.

Baca Juga: Mencari Pengharum Ruangan Alami? Gunakan Bahan-Bahan Dapur Ini!

Cuka

Cuka terkenal sebagai bahan yang ampuh untuk menetralisir bau tidak sedap dan menyingkirkan bakteri. Jadi, bahan ini bisa digunakan untuk mengatasi masalah bau tidak sedap pada sepatu.

Caranya, campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1 di dalam botol, lalu semprotkan di bagian dalam sepatu dan biarkan kering sendiri. Supaya efeknya semakin maksimal, cuci sepatu secara menyeluruh sebelum menyempotkan campuran tersebut.

Baking soda

Selain cuka, baking soda alias soda kue juga mampu menetralisir bau tidak sedap dengan cara menyerap bau tersebut plus bakterinya.

Untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu, Anda bisa menaburkan baking soda langsung ke bagian dalam sepatu, lalu biarkan selama kurang lebih 24 jam.

Alternatifnya, campurkan ¼ cangkir baking soda, ¼ cangkir baking powder, dan ½ cangkir maizena, lalu taburkan di dalam sepatu dan diamkan semalaman. Jangan lupa untuk membuang baking soda tersebut setelah selesai digunakan.

Baca Juga: Plus dan Minus Menggunakan Jasa Kebersihan Rumah, Wajib Tahu!

Essential oil

Beberapa essential oil atau minyak atsiri memiliki sifat antifungal serta kandungan yang mampu menetralisir bau tidak sedap, seperti tea tree dan clove alias cengkeh. Tak hanya itu, wanginya pun tergolong enak sehingga cocok digunakan untuk menyingkirkan bau tidak sedap pada sepatu.

Caranya, teteskan essential oil secukupnya ke bagian dalam sepatu dan biarkan kering sendiri. Essential oil juga bisa digunakan sebagai campuran pada cuka atau baking soda pada poin-poin sebelumnya.

Baca Juga: Simak, Ini 5 Tips Membuat Kamar Tidur yang Aman untuk Anak

Sabun batangan

Sabun batangan yang wangi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu Anda.

Caranya pun mudah: masukkan satu batang sabun yang kering ke bagian dalam sepatu, lalu biarkan semalaman. Sabun akan membunuh bakteri dan menyerap bau tidak sedap, serta membuat sepatu Anda kembali berbau segar dan bersih.

Cahaya matahari

Malas membuat campuran cuka, baking soda, atau meninggalkan sabun semalaman? Jangan khawatir, Anda tetap bisa mengurangi bau tidak sedap pada sepatu dengan mudah melalui bantuan cahaya matahari.

Caranya, jemur sepatu Anda di bawah cahaya matahari selama beberapa jam setelah selesai digunakan. Panas dari cahaya matahari akan membantu mengeringkan kelembapan berlebih di dalam sepatu, sehingga sepatu tidak akan mudah bau.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News