HOME, Keluarga

4 Ide Kegiatan Menyambut Tahun 2022 bersama Anak, Seru dan Penuh Makna

4 Ide Kegiatan Menyambut Tahun 2022 bersama Anak, Seru dan Penuh Makna

MOMSMONEY.ID - Tahun 2022 tiba, harapan baru pun menggema. Untuk menyambut datangnya tahun macan air ini, ada berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama anak tanpa menguras banyak biaya dan tenaga lho Moms.

Kendati sederhana, namun kegiatan-kegiatan ini tetap seru untuk dilakukan dan tentunya penuh makna.

Sebagai referensi, berikut MomsMoney bagikan 4 ide kegiatan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menyambut tahun 2022 bersama anak. Yuk, simak!

Baca Juga: Hindari Menggosok Mata! Ketahui Penyebab Munculnya Garis Halus di Sekitar Mata

1. Berkemah

Tahun 2022 tiba, waktunya untuk mengenalkan alam lebih dalam kepada si kecil. Seperti kita tahu, alam tidak hanya menyimpan begitu banyak keindahan melainkan juga segudang manfaat yang baik bagi anak-anak. Alam mampu meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan pengetahuan, mendorong kesehatan fisik, merangsang imajinasi, mengurangi stres, hingga menjauhkan anak-anak dari bahaya buruk teknologi.

Anda bisa mengajak anak-anak Anda untuk mulai berbaur dengan alam melalui kegiatan berkemah di alam terbuka. Tak harus di hutan belantara, kegiatan berkemah bersama anak bisa Anda lakukan di lingkungan sekitar rumah atau camping ground. Sebelum berkemah, pastikan Anda mempersiapkan segala kebutuhan dengan baik seperti makanan, baju hangat, produk anti-serangga, dan obat-obatan.

2. Membuat kerajinan

Agenda membuat kerajinan patut Anda pertimbangkan untuk merayakan tahun baru dengan sederhana di rumah saja. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga baik bagi anak-anak karena mampu menumbuhkan sisi kreatif dan inovatif mereka. Saat anak membuat kerajinan, itu akan melatih keterampilan mereka, mengasah motorik halus, serta mengembangkan ketelitian, kesabaran, dan tenggang rasa.

Anda bisa mengumpulkan limbah rumah tangga yang sekiranya cocok untuk dimanfaatkan sebagai bahan dasar membuat kerajinan seperti plastik kemasan, botol air mineral, kaleng biskuit, atau kotak susu. Dengan begini, anak-anak akan sekaligus belajar proses recycle sampah yang bermanfaat bagi bumi.

3. Membuat dessert bersama

Meski makanan manis tidaklah sehat bagi anak-anak, namun Anda tetap dapat memberikannya kepada anak asalkan tidak berlebihan. Dalam rangka menyambut datangnya tahun 2022, Anda bisa mengajak anak Anda untuk membuat dessert bersama sebagai pemanis suasana.

Jika biasanya Anda membeli es krim siap makan di supermarket, maka cobalah untuk membuatnya sendiri kali ini. Anda bisa memanfaatkan tepung es krim instan atau menggunakan bahan-bahan satuan untuk membuat es krim favorit keluarga. Atau, Anda dan anak bisa membuat donat kentang dengan topping warna-warni.

Tak hanya bisa meningkatkan suasana hati di tahun baru, kegiatan membuat dessert bersama juga akan mengajarkan anak tentang bagaimana menghargai proses terciptanya suatu makanan dan mendorong mereka untuk tidak menyia-nyiakan makanan yang ada di hadapannya.

4. Berdonasi atau menjadi sukarelawan

Empati adalah satu tanda dari kecerdasan emosional yang tinggi. Perlu dikembangkan sedari dini, empati dapat Anda ajarkan kepada anak-anak dengan sering mengajak mereka untuk melakukan kegiatan sosial atau kemanusiaan.

Di tahun 2022 ini, berdonasi atau menjadi sukarelawan merupakan ide yang bagus untuk membuka lembaran baru dengan penuh makna. Melalui kegiatan ini, anak-anak akan terdorong untuk bisa memosisikan dirinya dengan keadaan orang lain sekaligus mengajarkan mereka untuk lebih bersyukur lagi ke depannya.

Jika kebiasaan baik ini terus anak bawa hingga mereka dewasa, besar kemungkinan anak akan tumbuh menjadi sosok yang tidak egois dan mampu memahami kehidupan orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News