HOME, Bugar

Hindari Menggosok Mata! Ketahui Penyebab Munculnya Garis Halus di Sekitar Mata

Hindari Menggosok Mata! Ketahui Penyebab Munculnya Garis Halus di Sekitar Mata

MOMSMONEY.ID - Saat melihat cermin, Anda baru menyadari bahwa garis-garis halus di sekitar mata mulai muncul. Garis halus di sekitar mata merupakan tanda-tanda munculnya penuaan dini. Agar Anda bisa terhindar dari garis halus, pahami penyebab munculnya garis halus di sekitar mata dilansir dari evamuliaclinic.com, yaitu:

1. Menyipitkan Mata

Penyebab munculnya garis halus di sekitar mata yaitu sering menyipitkan mata. Tenyata kebiasaan tersebut bisa membuat garis halus di sekitar mata muncul. Bahkan, kebiasaan ini bisa menjadi penyebab kerutan mata di usia muda.

Hal tersebut dikarenakan menyipitkan mata dapat membuat otot-otot disekitar mata berkontraksi. Jika menyipitkan mata sering dilakukan, maka otot-otot di sekitar mata bisa semakin besar dan kuat. Jika sudah seperti ini, maka dapat dipastikan keriput disekitar mata tidak bisa Anda hindari.

Mata

2. Menggosok Daerah Sekitar Mata

Penyebab munculnya garis halus di sekitar mata selanjutnya adalah menggosok daerah sekitar mata. Kulit disekitar mata merupakan salah satu kulit yang cukup sensitif. Jika Anda sering menggosok sekitar area mata, kulit pada sekitar area mata tersebut bisa kendur. Alasannya karena elastin dan kolagen mengalami kerusakan.

Jika serat tersebut mengalami kerusakan, maka kulit akan kehilangan keelastisannya dan menyebabkan garis halus. Namun, Anda masih bisa mengatasi garis halus di sekitar mata dengan melakukan perawatan menghilangkan kerutan dengan bahan alami seperti minyak zaitun.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Jerawat Punggung yang Harus Dipahami

3. Paparan Sinar Matahari

Selain menyipitkan dan menggosok mata, paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan munculnya garis halus di sekitar mata. Sinar matahari bisa membuat kulit kehilangan kelembapannya dan kulit menjadi kering, tak terkecuali di sekitar mata.

Jika hal ini terjadi, maka elastisitas kulit menjadi berkurang dan kulit menjadi cepat keriput. Bahkan bisa menyebabkan kerutan di bawah mata. Salah satu cara efektif untuk mengurangi bahaya sinar matahari adalah menggunakan sunblock. Meskipun Anda bekerja di ruangan sekalipun, Anda tetap harus menggunakan sunblock.

Alasannya karena sinar matahari tetap bisa menjangkau kulit Anda meskipun Anda berada di dalam ruangan. Jika Anda selalu melupakan sunblock maka tidak heran saja jika garis halus di sekitar mata atau kulit dapat dengan mudah timbul.

4. Merokok

Penyebab munculnya garis halus di sekitar mata yaitu merokok. Seperti yang Anda tahu bahwa merokok memiliki dampak yang buruk kesehatan tubuh, termasuk pada kulit. Pasalnya nikotin yang terkandung dalam rokok bisa membuat pembuluh darah di kulit, termasuk di sekitar mata.

Alhasil aliran oksigen dan berbagai nutrisi jadi terhambat. Bahkan asap rokok juga mengandung sekitar 4000 bahan kimia yang berbahaya yang bisa merusak kolagen dan serat elastisitas. Sehingga tak heran saja jika kulit perokok lebih cepat keriput, khususnya kulit tipis disekitar mata.

5. Menggunakan Produk Kosmetik yang Tidak Tepat

Penyebab munculnya garis halus di sekitar mata lainnya adalah menggunakan produk kosmetik yang tidak tepat. Ternyata penggunaan kosmetik bisa membuat wajah termasuk  kulit di sekitar mata cepat mengalami keriput.

Hal ini disebabkan oleh berbagai bahan kimia berbahaya dalam kosmetik bisa mengendap didalam kulit. Jika hal ini sampai terjadi, kulit akan mengalami kerusakan dan sulit melakukan proses regenerasi. Selain itu, berbagai masalah kulit akan rentan muncul, tak terkecuali garis halus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News