Keluarga

4 Cara Mudah Memperbaiki Makeup yang Terlihat Seperti Dempul

4 Cara Mudah Memperbaiki Makeup yang Terlihat Seperti Dempul

MOMSMONEY.ID - Dempul atau cakey merupakan tampilan makeup yang tampak tebal, bersisik, dan tidak merata. Makeup yang terlihat dempul dapat terjadi akibat penggunaan produk makeup yang terlalu banyak atau mengaplikasikan produk makeup ke kulit yang kering.

Saat makeup yang sudah susah payah Anda buat justru terlihat dempul dan jauh dari kata flawless, tentu Anda akan merasa kesal bukan?

Untuk membantu Anda memperbaiki makeup yang terlihat dempul, berikut MomsMoney bagikan 4 caranya yang tergolong mudah sebagaimana dilansir dari MasterClass dan L’Oreal Paris.

Baca Juga: 6 Buah-buahan Terbaik yang Bagus untuk Kesehatan Rambut. Apa Saja?

1. Pakai blotting paper

Foundation full coverage yang berlapis-lapis dan minyak berlebih pada wajah rentan menyebabkan dempul.

Untuk membantu mengatasi tampilan dempul secara instan akibat foundation dan minyak, tempelkan blotting paper atau kertas minyak ke area wajah yang perlu diperbaiki. Namun, selalu ingat untuk tidak memakai blotting paper secara berlebihan karena bisa membuat kulit wajah menjadi kering.

2. Semprotkan face mist

Sebelum melakukan touch up, pastikan untuk menghidrasi wajah Anda terlebih dahulu dengan face mist. Selain dapat menghidrasi, face mist juga mampu membantu meremajakan kulit sekaligus menyamarkan tampilan dempul dan patchy.

Untuk hidrasi yang optimal, semprotkanlah face mist pilihan Anda dengan jarak sekitar 6 inci dari wajah sebanyak 2-3 semprotan.

3. Perbaiki dengan spons lembab

Ternyata, spons makeup bisa membantu melembutkan riasan yang terlihat dempul lho Moms.

Caranya, basahi spons secukupnya hingga terasa lembab tapi jangan sampai basah kuyup. Setelah itu, peras spons sampai tidak ada air yang tersisa di dalamnya. Terakhir, tekan-tekan spons yang lembab tersebut secara perlahan ke bagian wajah Anda yang tampak dempul.

4. Manfaatkan uap

Uap dapat membantu melonggarkan makeup yang kaku, lengket, dan dempul. Mungkin, cara ini terdengar sangat tidak biasa. Kendati begitu, Anda patut untuk mencobanya.

Usai ber-makeup, segeralah mandi air hangat (sebentar saja) tanpa perlu membasahi wajah jikalau foundation Anda terasa dempul. Uap dari air hangat tersebut akan membantu melembabkan wajah sekaligus melunakkan tampilan makeup supaya terlihat lebih menyatu dengan kulit. Selesai mandi, kunci kembali makeup Anda dengan loose powder.

Demikian 4 cara mudah untuk memperbaiki makeup yang terlihat dempul. Jika Anda menginginkan makeup yang tampak flawless dan anti-dempul, jangan lupa untuk rajin eksfoliasi, pakai pelembab dan primer sebelum makeup, pilih foundation dan aplikator yang tepat, serta gunakan setting spray untuk mengunci makeup Anda. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News