Keluarga

6 Buah-buahan Terbaik yang Bagus untuk Kesehatan Rambut. Apa Saja?

6 Buah-buahan Terbaik yang Bagus untuk Kesehatan Rambut. Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Rambut yang senantiasa sehat dapat diwujudkan dengan rajin mengonsumsi makanan bergizi. Salah satunya buah-buahan. Ini tidak terlepas dari kandungan nutrisi di dalam buah yang melimpah, seperti vitamin A, vitamin B5, vitamin C, vitamin E, vitamin K, potassium, dan serat.

Di antara banyaknya jenis buah yang ada, terdapat buah-buahan tertentu yang mampu membantu mencegah rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut, hingga menguatkan rambut. 

Perlu Anda catat, inilah beberapa buah-buahan terbaik yang tergolong bagus untuk kesehatan rambut sebagaimana dilansir dari SkinKraft Laboratories.

Baca Juga: Mau Mendaki untuk Pertama Kali? Ini 5 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Naik Gunung

1. Pisang

Pisang

Buah pertama yang bagus untuk rambut adalah pisang. Penelitian telah membuktikan bahwa pisang berpotensi sebagai pemacu pertumbuhan rambut serta dapat mencegah kerontokan. Bisa meningkatkan kesehatan kulit kepala, pisang mengandung vitamin B yang mampu membantu merawat ujung rambut yang bercabang.

Kaya akan kandungan potassium, pisang juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal menenangkan rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, debu, dan polusi. Adapun manfaat lain dari buah nan lezat ini di antaranya mengatasi kekurangan zat besi, mengurangi kadar gula darah, dan mengatasi mabuk.

2. Pepaya

Pepaya

Buah kedua yang bagus untuk rambut adalah pepaya. Makan pepaya setidaknya 3 kali seminggu sangat dianjurkan guna membantu mengurangi penipisan rambut dan mengontrol ketombe.

Sebuah studi pada tahun 2012 menunjukkan bahwa kandungan vitamin A dalam pepaya dapat menyehatkan dan melindungi rambut. Dapat bertindak sebagai kondisioner alami, pepaya juga memiliki sifat anti-jamur yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Bahkan, studi lain menunjukkan bahwa pepaya bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut juga lho Moms.

3. Aprikot

Aprikot

Buah ketiga yang bagus untuk rambut adalah aprikot. Aprikot sangat direkomendasikan oleh ahli gizi karena mengandung dua asam lemak esensial serta vitamin yang tinggi untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

Selain itu, buah dengan kombinasi warna emas dan oranye ini juga merupakan sumber nutrisi yang baik untuk menjaga rambut tetap bergizi sekaligus menjaga kulit kepala tetap sehat. Plus, aprikot mampu membantu melawan rambut kering dan kulit kepala terkelupas. Anda bisa memasukkan aprikot ke dalam diet Anda jika Anda menginginkan rambut yang lebih kuat, lebih panjang, dan mudah ditata.

4. Kurma

Kurma

Buah keempat yang bagus untuk rambut adalah kurma. Secara tradisional, kurma telah dikaitkan dengan beragam manfaat yang baik untuk kulit maupun rambut. Kurma dikemas dengan mineral yang tepat terutama zat besi yang bermanfaat untuk menguatkan rambut dan mencegahnya dari kerusakan.

Kandungan zat besi dalam kurma akan memastikan bahwa ada sirkulasi darah yang tepat ke kulit kepala. Pada gilirannya, kemampuan kurma yang demikian akan secara otomatis memperkuat folikel rambut, mencegah kerontokan, dan merangsang pertumbuhan rambut. Dengan mengonsumsi 2-3 kurma setiap hari, itu akan menjadikan rambut Anda lebih kuat dari sebelumnya.

5. Plum

Buah plum

Buah kelima yang bagus untuk rambut adalah plum. Relatif rendah kalori, plum mengandung berbagai vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan kulit kepala.

Manfaat utama plum bagi kesehatan rambut adalah membantu menghentikan kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut baru dengan cara membalikkan kelelahan kelenjar adrenal.

Perlu Anda tahu bahwa kelenjar adrenal sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon. Jika kelenjar adrenal bermasalah, itu akan mengganggu keseimbangan hormon yang bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan termasuk kerontokan rambut.

Saat diolah dan digunakan dalam bentuk masker rambut, plum dapat membantu melawan bakteri di kulit kepala sekaligus menenangkan kulit kepala yang teriritasi.

6. Kiwi

Kiwi

Buah keenam yang bagus untuk rambut adalah kiwi. Kiwi tidak hanya memiliki cita rasa yang segar, tetapi juga menyimpan banyak manfaat kesehatan.

Kiwi kaya akan beragam nutrisi di antaranya vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan potassium. Adapun manfaat utama kiwi bagi kesehatan rambut adalah mencegah pertumbuhan uban prematur. Tak sampai di situ, kiwi juga mampu bekerja dengan baik dalam memerangi kerontokan rambut dan mencegah ketombe di kulit kepala dengan cara meningkatkan sirkulasi darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News