Bugar

4 Cara Merawat Kulit Wajah Pada Remaja, Bebas Jerawat Saat Puasa!

4 Cara Merawat Kulit Wajah Pada Remaja, Bebas Jerawat Saat Puasa!

MOMSMONEY.ID - Tetap rawat kesehatan kulit, inilah beberapa cara merawat kulit wajah bebas remaja pada remaja. Saat puasa terjadi perubahan rutinitas dari biasanya. Mulai dari perubahan pola makan, pola tidur sampai aktivitas yang dibatasi. 

Sehingga, Anda jadi lupa merawat kesehatan kulit wajah dengan produk skincare. Hal ini bisa menyebabkan munculnya jerawat. 

Agar kulit wajah terhindar dari jerawat, berikut empat cara merawat kulit wajah pada remaja dilansir dari natur-e.co.id

Skincare remaja

1. Rutin Mencuci Wajah dengan Benar

Cara pertama merawat kulit wajah bebas jerawat pada remaja adalah rutin mencuci wajah. Menurut American Academy of Dermatology Association, jerawat sangat umum terjadi pada remaja.

Selama masa pubertas, hormon androgen meningkatkan produksi sebum yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Meskipun rentan berjerawat, kulit bisa terjaga sehat dan cantik dengan mencuci wajah.

Mulai dengan mencari produk skincare untuk remaja yang cocok untuk jenis kulit Anda, misalnya facial wash untuk kulit berminyak tanpa alkohol yang bisa bikin kulit jadi kering. Rutin bersihkan wajah pada pagi hari dan sebelum tidur malam untuk jaga kebersihan kulit.

2. Hindari Memencet Jerawat

Cara merawat kulit wajah selanjutnya adalah hindari memencet jerawat. Kebiasaan memencet jerawat bisa muncul saat menunggu waktu berbuka puasa.

Tahan godaan ini karena bisa memicu infeksi dan radang pada kulit, hingga menimbulkan bekas luka yang sulit hilang. Hindari terlalu sering menyentuh wajah karena dapat memindahkan kotoran dan bakteri dari tangan.

Baca Juga: Pahami 4 Cara Merawat Nail Gel Supaya Tahan Lama

3. Rutin Oleskan Pelembab

Berikutnya, Anda juga harus rutin mengoleskan pelembab pada wajah. Kondisi kulit yang berminyak dan berjerawat tidak sedikit yang enggan mengoleskan pelembap, karena dianggap bikin wajah tampak makin mengkilap dan kusam.

Padahal menurut American Academy of Dermatology Association, kulit yang kering membuat tubuh memproduksi lebih banyak sebum.

Hal ini dapat menyumbat pori-pori dan memicu lebih banyak jerawat. Memilih pelembap yang tepat bisa jadi investasi awal untuk kulit cantik Anda.

4. Batasi Paparan Sinar Matahari

Cara merawat kulit wajah lainnya adalah batasi paparan sinar matahari. Setiap orang memiliki berbagai kegiatan di luar ruangan. Karena menurut WebMD, sinar UV dari matahari dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan.

Jika sulit untuk membatasi kegiatan di luar ruangan antara jam 10 pagi hingga 4 sore, sebaiknya jangan keluar rumah tanpa perlindungan.

Kenakan pakaian yang menutup kulit dan nyaman dikenakan seharian, juga topi bertepi lebar untuk melindungi dari sinar matahari.

Itulah beberapa cara merawat kulit wajah bebas jerawat pada remaja. Tidak sulit, kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News