HOME, Bugar

4 Cara Menghilangkan Ketombe Basah pada Rambut Berhijab, Cobain Yuk!

4 Cara Menghilangkan Ketombe Basah pada Rambut Berhijab, Cobain Yuk!

MOMSMONEY.ID - Ketombe basah membuat Anda merasa tidak nyaman karena bisa menyebabkan gatal dan muncul aroma bau. Hampir semua orang, tak terkecuali wanita berhijab pun pernah mengalami masalah rambut yang satu ini. 

Ketombe terbagi menjadi dua, yaitu ketombe basah dan kering. Ketombe basah adalah ketombe yang menjadi basah atau berminyak karena produksi sebum di kulit kepala, aromanya pun juga bau. Sedangkan ketombe kering yaitu ketombe yang bisa rontok dari kulit kepala dan berukuran kecil. 

Namun tidak perlu khawatir, masih banyak cara untuk menghilangkan ketombe basah. Cara di bawah ini bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk juga wanita berhijab. Melansir dari cnfstore.com, berikut cara menghilangkan ketombe basah, yaitu: 

1. Gunakan Sampo Sesuai Masalah Rambut

Cara menghilangkan ketombe basah pertama adalah gunakan sampo sesuai masalah rambut. Anda perlu mengetahui kandungan dan manfaat sampo yang akan digunakan supaya bisa mengatasi masalah ketombe basah. 

Jika Anda memiliki kulit kepala yang sangat berminyak dan menyebabkan ketombe basah, Anda mungkin perlu keramas lebih sering. Cara ini akan membantu mencegah sebum menumpuk di kulit kepala penyebab ketombe basah.

2. Hindari Hair Styling

Cara menghilangkan ketombe basah selanjutnya yaitu hindari pengguna hair styling. Jika ketombe basah terjadi karena kondisi kulit, hindari menggunakan produk penataan rambut. Bahan kimia yang digunakan dalam banyak produk penataan rambut sangat keras untuk kulit kepala.

Hal ini jelas dapat memperburuk kondisi kulit kepala dengan menyebabkan iritasi atau dermatitis kontak, yaitu ruam kulit yang disebabkan oleh kontak dengan zat tertentu.

Baca Juga: Kulit Cerah dan Kencang, Ini 4 Manfaat Jagung untuk Kecantikan

3. Konsumsi Makanan Sehat

Pentingnya mengonsumsi makanan sehat untuk bantu merawat kulit kepala. Makanan sehat dapat berperan dalam menuntaskan penyakit kulit. Jika ketombe basah disebabkan oleh dermatitis seboroik atau psoriasis, konsumsi makanan yang sehat dapat membantu menghilangkan wet dandruff yang disebabkan oleh kondisi ini.

Batasi atau hindari makanan olahan dan menggantinya dengan makanan sehat seperti biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, dan protein tanpa lemak

4. Coba Scrub Kulit Kepala

Walaupun belum terbukti klinis, mencoba scrub kulit kepala cukup populer digunakan untuk mengatasi ketombe basah. Langkah eksfoliasi ini dapat mengurangi penumpukan minyak yang berlebihan dan membuang sel kulit mati berlebih di kulit kepala.

Produksi minyak yang berlebihan pada kulit kepala berhubungan dengan kulit kepala yang sensitif, menggunakan jenis scrub yang paling lembut adalah yang terbaik.

Pilih scrub yang mengandung sea salt, seng, atau bubuk biji kelapa sawit. Kemudian, selalu konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan scrub kulit kepala untuk menghilangkan ketombe basah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News