HOME, Bugar

Kulit Cerah dan Kencang, Ini 4 Manfaat Jagung untuk Kecantikan

Kulit Cerah dan Kencang, Ini 4 Manfaat Jagung untuk Kecantikan

MOMSMONEY.ID - Jagung sering diolah sebagai makanan sehat dan bergizi untuk tubuh. Dibalik rasanya yang lezat, jagung memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit.

Jagung mempunyai kandungan vitamin, nutrisi dan antioksidan yang tinggi. Di antaranya ada asam ferulat, salah satu antioksidan polifenol utama yang ada dalam jagung.

Dibandingkan pada oat, beras, atau gandum, jumlahnya jauh lebih banyak pada jagung. Untuk mengatahui lebih jauh, berikut manfaat jagung untuk kecantikan dilansir dari gramedia.com, yaitu : 

1. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Manfaat jagung untuk kecantikan pertama adalah melindungi kulit dari sinar UV. Jagung memiliki kandungan karotenoid yang bernama lutein. Lutein ini akan menjadi antioksidan pada jagung. 

Kandungan tersebut dipercaya dapat menjaga mata dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh cahaya biru.

Selain itu, lutein juga bagus untuk menjaga kulit wajah dari paparan sinar UV atau ultraviolet. Seperti yang Anda tahu bahwa sinar UV bisa memberikan efek buruk terhadap kulit.

Menurut penelitian dalam jurnal clinics in dermatology disebutkan bahwa lutein menunjukkan efektivitasnya dalam mencegah kerusakan kulit wajah karena paparan sinar UV.

Namun sayangnya penelitian ini dilakukan terhadap hewan uji, jadi dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat jagung ini.

2. Mencegah Kerutan dan Memperlambat Penuaan Dini

Manfaat jagung untuk kecantikan kulit selanjutnya yaitu mencegah kerutan dan memperlambat penuaan dini. Jagung mengandung vitamin E yang tinggi.

Vitamin E dipercaya mampu memperbaiki sirkulasi darah, sehingga bagus untuk mencegah kerusakan wajah serta mengencangkan kulit. Vitamin E yang kaya dan antioksidan dinilai dapat menjadi obat alami dalam mencegah kerutan.

Jagung juga mengandung antioksidan di dalamnya yang bisa mencegah dan memperlambaat proses penuaan. Sehingga, kulit wajah akan nampak lebih muda. Akan tetapi, masih perlu dikaji lebih jauh.

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa Muda untuk Perawatan Kulit, Bisa Mencegah Penuaan Dini!

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat jagung untuk kecantikan berikutnya adalah bisa mencerahkan kulit wahah. Dengan kandungan zeaxanthin pada jagung dipercaya dapat membuat kulit tampak lebih cerah.

Sebuah penelitian telah dilakukan terhadap 46 partisipan yang memiliki masalah kulit kering.

Setelah mengonsumsi 10 mg lutein ditambah 2 mg zeaxanthin, kulit wajahnya menjadi lebih cerah. Kedua zat tersebut ternyata ada di dalam jagung, oleh karena itu, jagung juga dapat membuat kulit Anda menjadi lebih cerah.

4. Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat jagung untuk kecantikan lainnya yaitu dapat menghilangkan bekas jerawat. Berkat vitamin E, Jagung yang sudah dihaluskan dalam bentuk pasta ternyata berfungsi untuk menghilangkan noda atau bercak bekas jerawat. 

Namun, karena belum ada penelitian tentang manfaat rebusan air jagung, sebaiknya Anda konsultasikan lebih dulu dengan dokter jika ingin mencobanya ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News