4 Cara Mengatasi Perilaku Tak Terkendali pada Anak, Bisa Anda Praktikkan!

Reporter: Ana Risma
Sabtu, 25 September 2021 | 07:40 WIB
4 Cara Mengatasi Perilaku Tak Terkendali pada Anak, Bisa Anda Praktikkan!

MOMSMONEY.ID - Tidak sama dengan orang dewasa, anak-anak tentu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk belajar mengendalikan diri. Tak jarang, anak akan bersikap agresif ketika keinginannya tidak dikabulkan oleh orang tua atau orang terdekat mereka.

Ketika situasi demikian terjadi, Anda selaku orang tua pasti akan mudah mengalami stres dan tertular emosi negatif. Faktanya, emosi anak yang sama-sama Anda balas dengan emosi justru dapat membuat mereka semakin agresif.

Lalu, apa sih yang sebaiknya Anda lakukan untuk mengatasi perilaku agresif anak? Melansir Cleveland Clinic, ini dia 4 cara yang patut Anda coba!

Baca Juga: Luar Biasa, Inilah 5 Manfaat yang Bisa Anak Dapatkan Ketika Dekat dengan Alam

1. Tetap bersikap tenang

Ketika anak Anda mengekspresikan banyak emosi yang cenderung negatif, pastikan Anda sebagai orang tua tidak menghadapinya dengan lebih banyak emosi. Pasalnya, hal tersebut hanya akan meningkatkan agresi anak.

Sebaiknya, cobalah untuk mencontohkan regulasi emosi kepada anak dengan cara tetap bersikap tenang tatkala anak Anda bertingkah agresif.

2. Jangan menyerah pada perilaku agresif anak

Mungkin, perilaku anak Anda yang agresif akan membuat Anda stres dan memutuskan untuk memenuhi semua permintaan mereka. Padahal, Anda justru disarankan untuk tidak menyerah begitu saja.

Misalnya, pada saat anak Anda mengamuk di swalayan karena menginginkan makanan yang tidak sehat, jangan lantas cepat menyerah dan mengabulkan permintaan anak hanya demi menghentikan amukan mereka. Teguhkanlah prinsip Anda untuk bersikap tegas kepada anak. Karena, sikap Anda yang demikian akan sangat bermanfaat untuk mengeliminasi perilaku anak yang tidak pantas.

3. Berikan apresiasi ketika anak mau bersikap baik

Sekali pun itu sederhana, namun Anda patut mengapresiasi anak yang telah berhasil berperilaku baik. Jika biasanya anak selalu menimbulkan masalah ketika melakukan suatu aktivitas misalnya makan malam, maka jangan ragu untuk memberikan anak hadiah ketika mereka tidak membuat kegaduhan pada suatu makan malam.

Sesekali Anda bisa memberikan hadiah berupa barang-barang yang ingin anak miliki. Atau, Anda juga bisa melontarkan pengakuan dan pujian untuk setiap hal baik yang telah anak lakukan.

4. Bantu anak untuk mengekspresikan emosinya

Ketika anak Anda marah dan bersikap agresif, Anda dapat mengatakan kepada mereka bahwa Anda mengetahui apa yang sedang anak rasakan.

Dengan begitu, anak akan mendapatkan validasi atas apa yang sedang mereka rasakan. Tak hanya itu, cara ini juga berguna untuk mendorong anak-anak untuk bisa mengekspresikan emosinya secara verbal alih-alih fisik.

Nah, itulah 4 cara yang bisa Anda praktikkan untuk mengatasi perilaku anak yang agresif. Apabila situasi semakin tidak terkendali padahal Anda sudah mencoba keempat cara di atas, Anda dapat meminta bantuan psikolog anak dan keluarga untuk memecahkan masalah emosional dan perilaku yang anak miliki. Semoga bermanfaat ya!

Selanjutnya: Ada Banyak Manfaat buat Kesehatan, Mulai Sekarang Biasakan Anak Anda untuk Sarapan

 

Editor: Ana Risma
Terbaru