HOME, Keluarga

Luar Biasa, Inilah 5 Manfaat yang Bisa Anak Dapatkan Ketika Dekat dengan Alam

Luar Biasa, Inilah 5 Manfaat yang Bisa Anak Dapatkan Ketika Dekat dengan Alam

MOMSMONEY.ID - Di era serba digital ini, semakin banyak anak-anak yang lebih suka bermain video game atau gadget dibandingkan bermain di alam. Padahal, bermain di alam dapat mendorong anak-anak untuk lebih aktif bergerak secara fisik daripada bermain gadget yang hanya mengandalkan sedikit gerakan.

Apabila dibiarkan, maka tidak mustahil jika anak-anak akan rentan terhadap gangguan kesehatan mata, obesitas, dan bermasalah terhadap kehidupan sosial mereka.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada anak akibat penggunaan gadget berlebihan, maka sangat disarankan bagi Moms untuk sering mengajak anak-anak berbaur dengan alam.

Melansir The Greater Good Science Center, inilah 5 manfaat yang bisa anak dapatkan ketika Moms membiasakan mereka untuk beraktivitas di dekat alam mulai dari sekarang.

Baca Juga: Melahirkan Anak Pertama, Lebih Baik Bersalin Secara Normal atau Caesar?

1. Mengembalikan perhatian anak-anak

Dalam proses belajar, seseorang tentu membutuhkan atensi atau perhatian. Namun, tidak sedikit dijumpai anak-anak yang mengalami kesulitan dalam memerhatikan pelajaran di kelas entah karena gangguan, kelelahan mental, atau ADHD.

Dengan menghabiskan waktu di alam, misalnya mengobrol sambil berjalan-jalan di taman atau sekadar melihat pemandangan alam di luar jendela, maka perhatian anak berpeluang tinggi untuk pulih. Ketika perhatian anak kembali, mereka pun dapat berkonsentrasi dan melakukan tes kognitif dengan lebih baik.

2. Meredakan stres pada anak

Sama halnya dengan orang dewasa, anak-anak kemungkinan besar tidak akan terlalu stres ketika mereka bersantai di ruang hijau. Penelitian telah menemukan bahwa kelas yang diadakan di luar ruangan setidaknya satu kali seminggu dapat meningkatkan pola kortisol harian siswa secara signifikan.

Selain itu, anak-anak yang belajar di luar ruangan juga cenderung mengalami lebih sedikit stres dan mampu beradaptasi terhadap stres dengan lebih baik dibandingkan anak-anak yang terus belajar di dalam ruangan.

Penelitian lain mengungkapkan bahwa anak-anak yang tinggal di lingkungan pedesaan cenderung lebih dekat dengan alam serta mampu pulih dari peristiwa hidup yang penuh tekanan dengan lebih baik.

3. Membantu anak-anak mengembangkan lebih banyak disiplin diri

Banyak anak terutama yang menderita ADHD memiliki masalah dengan kontrol impuls yang dapat menghalangi pembelajaran di sekolah. Untuk mengatasinya, berkegiatan di tengah alam atau luar ruangan bisa dijadikan sebagai solusi.

Pasalnya, gejala ADHD kemungkinan besar akan berkurang tatkala anak-anak yang menderita ADHD berpartisipasi dalam kegiatan yang dilakukan di luar ruangan.

Bahkan, ruang hijau di dekat rumah dapat membantu anak-anak untuk memiliki lebih banyak disiplin diri dan konsentrasi yang lebih baik terutama bagi anak perempuan. Nah, ketika anak berhasil memiliki lebih banyak disiplin diri dan kontrol impuls yang baik, maka besar kemungkinan kesuksesan akademik akan mereka raih.

4. Meningkatkan kebugaran fisik anak

Fisik yang bugar penting untuk anak-anak miliki karena dapat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Secara khusus, kebugaran kardiorespirasi dinilai dapat mendukung pemrosesan kognitif yang efisian. Anak-anak dengan kebugaran tinggi berpotensi lebih besar untuk memiliki prestasi akademis yang lebih baik.

Semakin sering anak menghabiskan waktu di alam, maka semakin baik pula kebugaran kardiorespirasi mereka. Dengan memberikan akses ke alam pada anak-anak, mereka pun akan terdorong untuk lebih aktif secara fisik dan tetap bugar lebih lama seiring bertambahnya usia.

5. Meningkatkan hubungan sosial dan kreativitas anak

Lingkungan sosial di mana anak belajar dapat menentukan keberhasilan akademis mereka. Dengan membiarkan anak-anak menghabiskan waktu di lingkungan berunsur alam atau memberi mereka pengalaman alam yang terstruktur, itu artinya Moms sedang memberikan kesempatan kepada mereka untuk belajar lebih tenang, aman secara sosial, dan tentunya menyenangkan.

Tak sampai di situ, berkegiatan di luar ruangan juga dapat meningkatkan hubungan antara siswa dan guru, bahkan bagi siswa yang merasa terkucilkan.

Moms, itulah 5 manfaat yang bisa anak dapatkan ketika beraktivitas dekat dengan alam. Meski menyimpan beragam manfaat, alam juga memiliki bahaya jika kita tidak berhati-hati. Oleh sebab itu, selalu ingat untuk melakukan persiapan secara matang khususnya dalam hal fisik ketika Moms hendak membawa anak beraktivitas di alam bebas, misalnya hiking.

Jangan lupa juga untuk selalu mengawasi anak dan mengingatkan mereka untuk selalu berhati-hati ketika Moms tidak berada di dekat mereka. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Selanjutnya: Ada Banyak Manfaat buat Kesehatan, Mulai Sekarang Biasakan Anak Anda untuk Sarapan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News