Keluarga

4 Cara Mengatasi Kulit Stres dengan Bahan Alami, Salah Satunya Pakai Kunyit

4 Cara Mengatasi Kulit Stres dengan Bahan Alami, Salah Satunya Pakai Kunyit

MOMSMONEY.ID - Kulit Anda sedang mengalami stres? Berikut 4 cara mengatasi kulit stres dengan bahan alami yang layak Anda coba.

Dermatologis menunjukkan bahwa efek negatif dari stres akan cepat terlihat pada kulit.

Misalnya, saat Anda merasa stres dan cemas, itu akan cepat memengaruhi kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak yang menyebabkan pori-pori tersumbat.

Pada saat Anda mengalami stres kronis, tubuh akan mengirimkan lebih banyak darah ke organ vital daripada kulit.

Akibat penurunan sirkulasi darah tersebut, kulit akan ikut menjadi stres karena mendapatkan lebih sedikit nutrisi dan oksigen.

Jika saat ini Anda sedang berperang melawan permasalahan kulit stres, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengatasinya.

Dilansir dari NDTV, inilah 4 cara mengatasi kulit stres dengan bahan alami:

Baca Juga: Tidak Hanya Segar, Ini Manfaat Blueberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Pakai kunyit

Kunyit

Cara mengatasi kulit stres dengan bahan alami yang pertama yaitu memakai kunyit. Kunyit merupakan solusi untuk segala hal yang mengganggu kulit.

Terkenal di berbagai pengobatan tradisional, kunyit menyimpan beragam kebaikan yang bermanfaat untuk membantu menyehatkan kulit, menghidrasi kulit secara mendalam, serta mempercepat proses pemulihan kulit yang stres.

Di dalam kunyit terdapat kurkumin sebagai komponen bioaktif yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Untuk mendapatkan kulit yang bercahaya dan bebas stres, Anda bisa mengonsumsi kunyit secara langsung atau menggunakannya sebagai masker wajah.

2. Pakai mawar

Air mawar

Cara mengatasi kulit stres dengan bahan alami yang kedua yaitu memakai mawar. Ketika kulit mengalami stres, bunga mawar dapat membantu mengangkat semangatnya kembali.

Dikemas dengan berbagai vitamin, antioksidan, dan mineral, mawar dalam bentuk minyak bisa jadi andalan untuk mengatasi kulit kering.

Di sisi lain, minyak mawar juga menawarkan sifat astringen yang sangat baik untuk memerangi jerawat, kemerahan, dan peradangan.

Produk perawatan kulit yang dibuat menggunakan rosehip seed oil terkenal dengan sifat anti-agingnya yang ramah serta vitamin A, C, D, dan E yang bagus untuk membantu meminimalkan kerutan serta garis halus.

Produk hebat lainnya yang terbuat dari mawar adalah air mawar yang populer digunakan sebagai toner harian serta bisa menenangkan kondisi kulit yang stres. Sebab, sifatnya yang mirip dengan minyak mawar, air mawar juga dapat membantu menyeimbangkan ph kulit.

Baca Juga: Anak Lapar Terus? Ini 5 Penyebab Anak Selalu Merasa Lapar

3. Pakai biji bunga matahari

Minyak biji bunga matahari

Cara mengatasi kulit stres dengan bahan alami yang ketiga yaitu memakai biji bunga matahari. Biji bunga matahari yang diolah menjadi minyak mengandung antioksidan yang tinggi serta bagus untuk membantu mengatasi penuaan dini dan kerutan.

Tak sekadar itu, minyak biji bunga matahari juga sangat bermanfaat untuk menangani kulit yang stres.

Kaya akan vitamin E, minyak biji bunga matahari dapat menjaga kulit tetap terlihat muda dan segar.

Dalam minyak biji bunga matahari, ada juga kandungan linoleat yang bermanfaat untuk membantu kulit mempertahankan kelembaban serta melindunginya dari bakteri dan kuman.

Yang paling penting, minyak biji bunga matahari memiliki sifat non-comedogic sehingga tidak menyumbat pori-pori dan cocok untuk berbagai tipe kulit.

4. Pakai aloe vera

Lidah buaya

Cara mengatasi kulit stres dengan bahan alami yang keempat yaitu memakai aloe vera. Kulit yang stres membutuhkan aloe vera untuk membantu memelihara, menyegarkan, dan meremajakannya dalam waktu singkat.

Aloe vera dapat bekerja secara alami untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Berkat kandungan senyawa depigmentasi dan aloin yang ada di dalamnya, aloe vera terbilang efektif untuk mencerahkan kulit, menghilangkan bintik hitam, serta menyingkirkan kulit mati.

Selain itu, aloe vera juga mengandung 18 asam amino, vitamin B1, B3, B6, dan C yang bermanfaat untuk membantu melawan radikal bebas.

Anda dapat menggunakan aloe vera dengan cara mengonsumsinya dalam bentuk jus atau menerapkannya secara eksternal dalam bentuk gel.

Demikian 4 cara mengatasi kulit stres dengan bahan alami. Tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News