Keluarga

Anak Lapar Terus? Ini 5 Penyebab Anak Selalu Merasa Lapar

Anak Lapar Terus? Ini 5 Penyebab Anak Selalu Merasa Lapar

MOMSMONEY.ID - Moms harus tahu, berikut 5 penyebab anak selalu merasa lapar.

Selain susah makan, sebagian anak-anak juga kerap merasa lapar sepanjang waktu. Tak hanya mengkhawatirkan, rasa lapar sepanjang waktu yang anak alami juga berisiko menyebabkan berat badan berlebih atau obesitas.

Dilansir dari SheKnows dan ParentCircle, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan anak lapar terus walaupun mereka baru saja makan.

Selengkapnya, ini 5 penyebab anak selalu merasa lapar sepanjang waktu:

1. Kondisi emosional anak

Penyebab anak selalu merasa lapar yaitu kondisi emosional anak. Anak-anak yang lapar sepanjang waktu mungkin beralih ke makanan untuk menciptakan kenyaman saat mereka merasa cemas, stres, atau kesal.

Anak yang kerap makan karena alasan emosional memang tidak selalu buruk. Namun, kebiasaan ini juga bisa menjadi masalah jika makan menjadi satu-satunya cara bagi anak untuk mengatasi emosinya, menurut Academy of Nutrition and Dietetics.

Mulailah berbicara dengan anak Anda guna mengidentifikasi perasaan apa di balik keinginan mereka untuk terus makan. Adapun beberapa perasaan yang umum menyebabkan anak merasa lapar sepanjang waktu adalah kebosanan, kecemasan, kebingungan, kesepian, kegembiraan, dan rasa tidak aman.

Baca Juga: 4 Cara Menolak Permintaan Anak dengan Tepat, Hindari Berkata Tidak!

Daripada membiarkan anak Anda terus makan, cobalah ajak mereka untuk berjalan-jalan guna mengatasi kebosanan atau bermain game guna mengatasi kesepian.

Menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh University College London dalam jurnal Pediatric Obesity pada Juni 2018, kecenderungan anak untuk makan lebih banyak atau lebih sedikit saat stres dan kesal sangat dipengaruhi oleh lingkungan rumah dan bukan oleh gen.

Jika teori ini benar, sangat penting bagi Anda untuk memberikan contoh yang baik kepada anak-anak Anda dengan mengembangkan hubungan yang sehat dengan makanan.

2. Anak merasa kekurangan makanan

Penyebab anak selalu merasa lapar berikutnya adalah anak kekurangan makanan. Makan tanpa rasa lapar merupakan sebuah fenomena yang cenderung bermanifestasi pada anak-anak yang memiliki berat badan berlebih dan kerap dibatasi pada waktu makan.

Jika seorang anak tidak diizinkan untuk sekadar makan camilan, mereka mungkin akan terobsesi dengan makanan dan cenderung makan lebih banyak sepanjang waktu.

Saat orang tua jarang menawarkan makanan kepada anak, kemungkinan anak akan makan sebanyak mungkin tatkala tersedia makanan di hadapannya.

Hal ini tentu bisa mengembangkan kebiasaan makan berlebihan pada anak bahkan ketika tidak ada lagi kerawanan pangan.

3. Anak tidak mendapatkan makanan yang mengenyangkan

Selanjutnya, penyebab anak selalu merasa lapar yaitu anak tidak mendapatkan makanan yang mengenyangkan.

Jika Anda tidak memberikan anak jenis makanan yang tepat pada waktu makan, mereka tidak akan merasa kenyang dan cenderung meminta lebih banyak makanan setengah jam setelah makan.

Padahal anak-anak membutuhkan banyak nutrisi untuk tumbuh. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memberikan mereka makanan dari semua kelompok makanan termasuk biji-bijian, buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan produk susu seperti susu, keju, dan yogurt.

Intinya, tawarkanlah anak Anda makanan utuh sejak dini dan pertahankan kebiasaan tersebut.

Jika anak menolak makanan-makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi mereka, terus tawarkan makanan tersebut kepada mereka.

Berusahalah untuk mengkreasikan makanan yang kurang anak sukai menjadi hidangan yang menarik.

Baca Juga: 5 Cara Membantu Anak Belajar Mengekspresikan Emosi dengan Lebih Baik

4. Anak sedang mengalami lonjakan pertumbuhan

Penyebab anak selalu merasa lapar selanjutnya yaitu anak sedang mengalami lonjakan pertumbuhan.

Ketika anak-anak mengalami lonjakan pertumbuhan, mereka membutuhkan lebih banyak kalori dan cenderung menjadi mudah lapar. Alhasil, anak tidak akan ragu untuk memakan semua makanan yang ada di rumah.

Itulah mengapa penting bagi orang tua untuk hanya menyediakan makanan sehat mengingat kebanyakan anak lebih tertarik pada makanan tidak sehat sekaligus berkalori tinggi.

Selain memberikan makanan secara rutin, Anda juga disarankan untuk memberikan anak makanan yang mengenyangkan, bergizi, dan bervariasi.

Jika Anda merasa kewalahan dalam mengatasi rasa lapar anak yang tak terhentikan, pertimbangkanlah untuk berkonsultasi dengan dokter anak guna menyingkirkan kondisi medis. Atau, hubungilah ahli gizi guna mencari tahu pengobatan yang tepat.

5. Anak terganggu selama waktu makan

Penyebab anak selalu merasa lapar yaitu anak terganggu selama waktu makan. Anak-anak biasanya tahu berapa banyak makanan yang harus mereka makan.

Namun, jika anak makan sembari menonton tayangan favorit mereka di TV atau gadget, mereka mungkin akan kehilangan fokus pada makanan.

Pada akhirnya, anak cenderung makan lebih sedikit dari seharusnya dan mudah merasa lapar kembali usai tontonan mereka berakhir.

Guna mencegah anak Anda merasa lapar sepanjang waktu, pastikan untuk mematikan TV atau gadget apapun selama waktu makan.

Selain mampu mencegah anak merasa lapar sepanjang waktu, kebiasaan ini juga akan menanamkan rasa disiplin pada anak selama waktu makan.

Demikian 5 penyebab anak selalu merasa lapar. Sudah tidak bingung lagi kan, Moms? Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News