HOME, Keluarga

4 Cara Mencegah Dinding Rumah Berjamur, Tidak Sulit Kok!

4 Cara Mencegah Dinding Rumah Berjamur, Tidak Sulit Kok!

MOMSMONEY.ID - Keberadaan jamur dan lumut yang menempel di dinding rumah memang terasa menjengkelkan.

Tak hanya membuat rumah terlihat kurang apik, tapi jamur dan lumut tersebut juga bisa membawa berbagai masalah kesehatan yang merugikan penghuni rumah.

Mengutip laman US Center for Disease Control (CDC), terpapar jamur dan lumut bisa mengakibatkan hidung tersumbat, bersin-bersin, hingga alergi. Bahkan, pada beberapa kasus tertentu, jamur dan lumut dapat menyebabkan sulit bernapas, demam, dan memperparah asma.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 3 Penyebab Dinding Rumah Menjadi Berjamur

Jadi, supaya rumah tetap terlihat cantik dan sehat, Anda perlu waspada dengan kemunculan jamur dan lumut. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kemunculannya di rumah.

Jaga kelembapan di rumah tetap rendah

Salah satu cara termudah untuk mencegah kedatangan jamur ke dinding rumah adalah dengan menjaga agar kelembapan di dalam rumah tetap rendah.

Dilansir dari WebMD, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kelembapan di rumah. Misalnya, gunakan AC dan alat dehumidifier, jangan meninggalkan pakaian basah dan lembap di dalam mesin cuci, serta mengurangi jumlah tanaman hias di dalam rumah karena tanahnya yang lembap bisa memicu kemunculan jamur.

Pastikan sirkulasi udara di rumah lancar

Selain mengurangi kelembapan di dalam rumah, Anda juga perlu memastikan bahwa udara di dalam rumah mengalir dengan lancar. Mengutip Bobvila, Anda bisa membuka pintu dan jendela rumah lebar-lebar untuk melancarkan sirkulasi udara.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa menggunakan exhaust fan di beberapa titik rumah dan membiarkan kamar mandi terbuka selama kurang lebih setengah jam setelah selesai digunakan. Hal ini akan membuat udara lembap di dalam kamar mandi cepat kering.

Baca Juga: Catat, Ini 4 Hal yang Sering Disalahpahami Soal Rumah Minimalis

Periksa kebocoran di pipa, atap, dan dinding rumah

Kebocoran di pipa dan atap yang merembes ke dinding rumah merupakan salah satu penyebab utama munculnya jamur dan lumut. Oleh karena itu, Anda wajib memeriksa kebocoran secara rutin.

Jika terdapat kebocoran, langsung perbaiki kebocoran tersebut sehingga tidak memperparah risiko kemunculan jamur dan lumut. Jangan lupa untuk mengeringkan area yang bocor dengan sempurna.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Rice Cooker Philips, Ada yang Versi Digital!

Keringkan tumpahan air dan embun di rumah

Masih berhubungan dengan poin-poin sebelumnya, Anda sebaiknya tidak membiarkan kelembapan dalam bentuk apa pun hadir di permukaan dalam rumah, baik dalam bentuk tumpahan air maupun embun.

Dikutip dari laman US Environmental Protection Agency (EPA), Anda perlu mengeringkan tumpahan air dan embun yang muncul di rumah dengan segera. Embun dapat muncul di tempat yang kelembapannya tinggi, jadi mengeringkan embun dapat membantu mengurangi kelembapan tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kemunculan jamur dan lumut pada dinding. Jika terhindari dari jamur dan lumut, rumah akan terasa bersih dan kesehatan penghuninya pun terjamin.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News