Santai

4 Cara Ampuh Atasi Mood Swing Saat PMS, Cek di Sini

4 Cara Ampuh Atasi Mood Swing Saat PMS, Cek di Sini

MOMSMONEY.ID - Sering dialami oleh perempuan saat PMS, berikut ini cara untuk menangani mood swings.

Satu tanda yang dijadikan acuan seorang perempuan sedang dalam masa PMS adalah terjadi mood swing atau perubahan mood yang tak tertebak dan berubah-ubah.

Mood swing memang lebih mudah terjadi saat seorang perempuan sedang dalam masa PMS. Hal tersebut disebabkan ada perubahan hormon menuju masa menstruasi.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Coba 4 Tips Berciuman Ini biar Makin Berkesan

Tak hanya perempuan, kerap kali pasangan pun dibuat bingung saat menghadapi mood swings di saat PMS.

Agar tak bingung lagi, simak, yuk, beberapa tips untuk menangani mood swing saat PMS:

Relaksasi

Melakukan relaksasi juga bisa membantu mengontrol mood swing yang terjadi saat PMS. Kegiatan aktif seperti berjalan, olahraga ringan, yoga, dan meditasi adalah beberapa kegiatan relaksasi yang disarankan oleh laman Flo.

Relaksasi berguna untuk membantu tubuh terasa lebih santai dan terlibat aktif dalam kegiatan relaksasi. Sehingga, tubuh menjadi lebih mudah dalam menghadapi perubahan mood yang terjadi saat PMS.

Makan makanan bernutrisi

Makanan bernutrisi, seperti buah, sayur, yogurt, susu, ikan, ayam, dan jenis vitamin dengan kandungan B-6 dapat membantu mengontrol gejala PMS yang dirasakan wanita.

Sebisa mungkin hindari untuk mengonsumsi junk food serta gula, garam, dan lemak dalam jumlah besar. Karena, ini dapat memengaruhi gula darah yang dapat membuat seseorang menjadi mudah tersinggung dan kemudian mengalami mood swing.

Baca Juga: Mudah, Ini 4 Cara Alami Tingkatkan Hormon Serotonin biar Tidak Stres

Tidur cukup

Pastikan juga untuk tetap mendapatkan kualitas tidur yang cukup selama masa PMS. Tidur cukup lima hingga delapan jam sehari bisa membantu tubuh meningkatkan metabolisme dan mengontrol emosi saat sedang PMS.

Jika tubuh berada dalam kondisi sehat dan segar maka mood swing dan juga perasaan mudah tersinggung dapat dihindari saat sedang dalam masa PMS.

Olahraga

Melansir dari laman Health Line, olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk membantu mengontrol emosi dan mood dalam diri seseorang. Misalnya, mengelola perasaan sedih, mudah tersinggung, dan kecemasan yang terjadi saat sedang PMS.

Luangkan kurang lebih 30 menit dalam sehari untuk berolah raga atau sekadar jalan kaki di sekitar kawasan perumahan. Lakukan hal tersebut setidaknya selama seminggu saat masa PMS.

Mudah, kan? Coba praktikkan, yuk, beberapa daftar cara untuk menangani mood swings saat sedang PMS di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News