Keluarga

4 Bahan Makanan Pengganti Telur dalam Proses Baking, Nomor 1 Bikin Terkejut!

4 Bahan Makanan Pengganti Telur dalam Proses Baking, Nomor 1 Bikin Terkejut!

MOMSMONEY.ID - Inilah sederet bahan makanan pengganti telur untuk baking yang akan bikin Anda terkejut.

Penggunaan telur sebagai bahan utama pembuatan kue-roti sangatlah vital. Jika tanpa telur, kue yang dihasilkan tak akan lembut dan adonan sulit menyatu. Tapi tidak dengan beberapa bahan makanan berikut ini.

Ada beberapa bahan makanan pengganti telur yang bisa dimanfaatkan dalam proses baking. Untuk tahu apa saja bahan makanan dan nilai keefektifannya, berikut MomsMoney rangkum dari The Kitchn dan Reader’s Digest, selengkapnya.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Saus Tiram vs Saus Bumbu Rasa Tiram untuk Masakan

(1) Air berkarbonasi

Takaran: ¼ cangkir air berkarbonasi = 1 telur

Nilai: 10/10

Secara mengejutkan, air berkarbonasi dapat menjadi bahan makanan pengganti telur untuk baking.  Air berkarbonasi dapat membuat adonan muffin dan aneka kue lainnya jadi lengket dan menyatu layaknya fungsi telur.

Efek dari penggunaan air berkarbonasi pada adonan kue yakni bisa membuat kue memiliki tekstur renyah di bagian luar, serta lembut di bagian dalam. Takarannya adalah 1 telur = ¼ cangkir air berkarbonasil.

Sedikit tips, campurkan air berkarbonasi dengan bahan cair apapun (susu atau air) menjelang tahap akhir adonan hampir jadi. Jangan terlalu cepat menambahkan air berkarbonasi jika tak ingin adonan kue buatanmu jadi hancur.

Baca Juga: Baking Powder, Baking Soda, dan Soda Kue, Apa Persamaan dan Perbedaannya?

(2) Baking powder

Baking Powder, Baking Soda, dan Soda Kue, Apa Persamaan dan Perbedaannya

Takaran: 2 sdm air + 2 sdt baking powder + 1 sdt minyak sayur = 1 telur

Nilai: 9/10

Baking powder menjadi bahan makanan selanjutnya yang dapat menggantikan telur dalam proses baking.

Anda hanya perlu menambahkan baking powder bersama dengan minyak sayur & air, maka fungsinya sudah seperti fungsi telur dalam proses baking.

Anda dapat menggunakan resep baking powder ini untuk membuat aneka jenis kue, baik kue basah maupun kue kering.

Hasil kue dari resep baking powder ini hampir tak memiliki perbedaan rasa & tekstur sehingga aman untuk digunakan. Hanya saja biasanya bagian atas dari kue akan sedikit lebih renyah & agak menggelap saat dipanggang.

Baca Juga: 6 Perbedaan Gula Aren, Gula Jawa, dan Gula Merah yang Harus Anda Ketahui

(3) Pisang

Pisang

Takaran: ¼ cangkir mashed banana (70,8 gram) = 1 telur

Nilai: 5/10

Pisang yang ditumbuk halus dapat dijadikan sebagai bahan makanan pengganti telur untuk proses baking. Pisang bekerja dengan baik sebagai pengganti fungsi telur.

Pisang juga dapat digunakan dalam beberapa jenis makanan seperti membuat kue, cookies, hingga roti. Hanya saja memang rasa kue yang akan dihasilkan jadi bercita rasa pisang. Namun hal ini tentu menjadi berita bagus apabila Anda memang berniat menambahkan rasa pisang alami, daripada harus menggunakan perisa pisang.

Selain itu, efek menggunakan pisang sebagai bahan pengganti telur adalah membuat kue yang dihasilkan menjadi sedikit bergetah.

Untuk hasil terbaik, gunakan pisang yang berwarna kuning. Sebab pisang ini mengandung banyak pati yang akan terurai menjadi gula alami sehingga membuat kue jadi manis.

Baca Juga: Ayam Kampung, Ayam Negeri, dan Ayam Broiler, Ini Aneka Ciri Perbedaannya

(4) Saus apel

Takaran: ¼ cangkir saus apel tanpa pemanis = 1 telur

Nilai: 4/10

Saus apel kaya akan kandungan pectin yang berfungsi sebagai zat pengental. Ini membuat saus apel baik digunakan sebagai bahan makanan pengganti telur untuk baking.

Saus apel dapat digunakan untuk membuat kue, roti, hingga cookies. Penggunaannya membantu menambah kelembapan pada makanan yang dipanggang, sehingga kue-roti yang dihasilkan tak terlalu garing.

Kekurangan penggunaan saus apel ini adalah menghasilkan kue dengan cita rasa apel.

Itu dia aneka bahan makanan pengganti telur untuk baking yang bisa Moms terapkan saat membuat kue hingga roti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News