Keluarga

Mengenal Perbedaan Saus Tiram vs Saus Bumbu Rasa Tiram untuk Masakan

Mengenal Perbedaan Saus Tiram vs Saus Bumbu Rasa Tiram untuk Masakan

MOMSMONEY.ID - Meski namanya sedikit mirip, namun saus tiram dan saus bumbu rasa tiram punya perbedaan rasa juga sejarah.

Ketika sedang berbelanja di swalayan, pernahkah Moms kebingungan ketika melihat bumbu penyedap saus tiram berjejer bersebelahan dengan saus bumbu rasa tiram?

Lantas, manakah yang harus Anda pilih? Apakah saus tiram ataukah saus bumbu rasa tiram? Buat Anda yang kebingungan, mari simak beberapa perbedaan keduanya, yang dilansir dari Lacademie, berikut ini

Baca Juga: 8 Bahan Makanan Pengganti Cabai yang Menghasilkan Sensasi Rasa Pedas

Awal mula

Awal mula penemuan saus tiram diciptakan oleh Lee Kum Sheung.

Lee Kum Sheung, seorang pendiri perusahaan saus tiram asal Cina dulunya merupakan seseorang yang menjual tiram dan berbagai macam makanan olahannya.

Penemuan saus tiram pertama yang ditemukan oleh Lee Kum Sheung berasal dari tiram-tiram yang dimasak hingga terlalu lama. Tiram-tiram ini menghasilkan kaldu yang berubah menjadi saus yang lengket dan beraroma.

Baca Juga: Wajib Tersedia, Inilah 5 Bumbu Dasar Siap Pakai untuk Menghemat Waktu Masak

Penemuan inilah yang membuat Lee Kum Sheung akhirnya mendirikan perusahaan Lee Kum Kee, yakni perusahaan di industri bumbu raksasa yang salah satu saus paling terkenalnya adalah saus tiram.

Karena Saus Tiram pada masa itu masih terbilang mahal (akibat cara memasaknya yang membutuhkan waktu lama), maka diciptakanlah saus bumbu rasa tiram.

Saus bumbu rasa tiram merupakan versi murah dari saus tiram, untuk menekan angka penjualan dari perusahaan.

saus bumbu rasa tiram

Baca Juga: Perbedaan Mentega dan Margarin, Manakah yang Paling Pas untuk Baking?

Komposisi & cara membuat saus

Saus tiram dibuat dengan cara memasak tiram hingga waktu yang lama, sampai tiram mengeluarkan kaldu yang kental dan beraroma.

Sementara saus bumbu rasa tiram terbuat dari ekstrak atau esens tiram yang sengaja diciptakan untuk membuat saus tiram versi yang lebih murah.

Melansir dari Lee Kum Kee, ekstrak tiram ini dicampur dengan garam, gula, serta kecap. Adapun tambahan tepung jagung dan karamel untuk memberikan tekstur kental yang tepat.

Saus Tiram

Baca Juga: Baking Powder, Baking Soda, dan Soda Kue, Apa Persamaan dan Perbedaannya?

Profil saus

Nyatanya, saus bumbu rasa tiram memiliki profil rasa, konsistensi, hingga warna yang hampir identik dengan saus tiram asli.

Yang membedakan kedua jenis saus ini adalah jika saus tiram membutuhkan uang dan waktu pembuatan yang lama. Sementara saus bumbu rasa tiram membutuhkan uang dan waktu yang lebih sedikit untuk dapat menciptakannya.

Itulah sederet perbedaan saus tiram dengan saus bumbu rasa tiram yang dapat Anda ketahui. Semoga artikel ini bisa menambah referensi pengetahuan Anda tentang bumbu masakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News