Keluarga

4 Bahan Alami yang Efektif untuk Menghilangkan Kapalan pada Kaki, Layak Anda Coba!

4 Bahan Alami yang Efektif untuk Menghilangkan Kapalan pada Kaki, Layak Anda Coba!

MOMSMONEY.ID - Kaki kapalan bikin tidak nyaman? Gunakan 4 bahan alami yang efektif untuk menghilangkan kapalan pada kaki ini saja.

Kapalan atau callus adalah bagian kulit yang menebal akibat gesekan, tekanan, atau iritasi. Sering terjadi pada kaki, kapalan juga dapat terjadi pada tangan, siku, atau lutut.

Saat kapalan terjadi pada kaki, itu bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan terasa menyakitkan saat penderitanya berjalan.

Umumnya, kapalan berwarna kekuningan atau pucat dan terasa kurang sensitif saat disentuh dibandingkan kulit di sekitarnya.

Selain bisa dihilangkan melalui bantuan dokter atau podiatrist yang memiliki spesialisasi foot care, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi kaki kapalan.

Dilansir dari The Healthy, berikut beberapa bahan alami yang efektif untuk menghilangkan kapalan pada kaki. Catat, yuk!

Baca Juga: Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda, Ini 5 Manfaat Matcha untuk Kecantikan Kulit

1. Batu apung

Bahan alami yang efektif untuk menghilangkan kapalan pada kaki yang pertama adalah batu apung. Hal paling sederhana untuk menghilangkan kapalan adalah dengan menggunakan batu apung.

Pertama-tama, rendam kaki Anda di dalam air hangat selama sekitar 10 menit kemudian keringkan. Setelah kaki mengering, gosok-gosokkan batu apung pada area yang kapalan dengan gerakan melingkar sampai kulit-kulit yang kering terkelupas.

Terakhir, bilas kaki Anda, keringkan, dan oleskan pelembab atau moisturizing oil guna menjaga kaki tetap lembut.

2. Cuka apel

Bahan alami yang efektif untuk menghilangkan kapalan pada kaki yang kedua adalah cuka apel. Cuka apel dapat bekerja dengan cara yang sama seperti krim salicylic acid untuk melarutkan kulit yang tebal dan merontokkan lapisan kulit ekstra akibat kapalan.

Basahi kapas dengan beberapa tetes cuka apel lalu oleskan dan tahan pada area kaki yang kapalan selama beberapa menit hingga meresap. Dikarenakan dapat menyebabkan iritasi, pastikan Anda berhati-hati saat mengoleskan cuka apel ke kaki Anda ya Moms. Jika kulit Anda menjadi merah, iritasi, atau terbakar setelah dioleskan cuka apel, segera hentikan perawatan pada saat itu juga.

Mengatasi kapalan dengan cuka apel tidak diperbolehkan bagi Anda yang mengidap diabetes karena dapat menyebabkan luka berkepanjangan.

Baca Juga: Kenali Tanda-Tanda Jerawat akan Sembuh, Komedo Berkurang

3. Aspirin

Bahan alami yang efektif untuk menghilangkan kapalan pada kaki yang ketiga adalah aspirin. Terkenal sebagai obat pereda nyeri, ternyata aspirin dapat Anda manfaatkan untuk membantu menghilangkan kapalan lho Moms.

Hancurkan 5-6 tablet aspirin tanpa selaput kemudian campurkan dengan cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama. Oleskan pasta aspirin ke area kaki yang terkena kapalan dan gunakan perban untuk menahannya.

Setelah setidaknya 10 menit, gosok-gosok kapalan secara perlahan dengan menggunakan batu apung.

4. Garam epsom

Bahan alami yang efektif untuk menghilangkan kapalan pada kaki yang terakhir adalah garam epsom. Melansir Hello Sehat, garam epsom adalah garam yang terbentuk dari mineral magnesium, sulfur (belerang), serta oksigen hingga menghasilkan magnesium sulfat. Dinamakan garam epsom karena garam ini berasal dari Kota Epsom di Surrey, Inggris.

Masukkan segenggam garam epsom ke dalam baskom berisi air hangat, lalu rendam kaki Anda selama sekitar 10 menit.

Setelah kulit mati melunak, gunakan kikir halus atau batu apung untuk mengupas kapalan. Anda dapat menggosok kapalan sedikit demi sedikit setiap hari setelah mandi atau berendam.

Demikian 4 bahan alami yang efektif untuk menghilangkan kapalan pada kaki. Selalu ingat untuk menerapkan bahan-bahan di atas hanya pada area kaki yang terdapat kapalan saja. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk dibagikan ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News