Keluarga

Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda, Ini 5 Manfaat Matcha untuk Kecantikan Kulit

Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda, Ini 5 Manfaat Matcha untuk Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Selain nikmat, ternyata matcha juga bagus untuk kulit lho. Berikut 5 manfaat matcha untuk kecantikan kulit yang patut Anda simak sampai akhir.

Matcha dan green tea memang sama-sama terbuat dari tanaman Camellia sinensis. Kendati begitu, matcha dan green tea memiliki perbedaan yang kontras terutama dilihat dari bentuknya.

Berbeda dengan green tea yang berwujud daun kering, matcha justru berbentuk bubuk karena dauh teh hijau yang sudah dikeringkan lantas ditumbuk hingga benar-benar halus.

Dibandingkan green tea, matcha memiliki rasa yang lebih pekat dan manfaat yang lebih kaya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan termasuk untuk kulit.

Melansir BeBeautiful, ada setidaknya 5 manfaat matcha untuk kecantikan kulit yang perlu Anda tahu. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Baca Juga: Moms Harus Tahu, Inilah 6 Manfaat Orgasme untuk Kecantikan Kulit

1. Membuat kulit glowing

Manfaat matcha untuk kecantikan kulit yang pertama yaitu membuat kulit glowing. Matcha mengandung antioksidan yang tinggi bahkan 137 kali lebih banyak dibandingkan teh hijau biasa.

Adapun tingginya kandungan antioksidan dalam matcha bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah pada kulit. Sehingga, kulit akan terlihat jauh lebih glowing.

Matcha juga mengandung methylxanthines yang mampu membantu meningkatkan mikrosirkulasi kulit. Yang tidak kalah penting, matcha dapat meratakan warna kulit dan merangsang produksi elastin yang membuat kulit senantiasa kenyal.

2. Memperlambat proses penuaan

Manfaat matcha untuk kecantikan kulit yang kedua yaitu memperlambat proses penuaan. Kandungan antioksidan dalam matcha memiliki peran yang sangat penting untuk melawan radikal bebas penyebab tanda-tanda penuaan. Matcha juga mampu melindungi kulit dari sinar UV matahari yang keras dan merusak.

Manfaat luar biasa matcha yang lainnya adalah mencegah kerusakan sel yang merupakan salah satu penyebab penuaan dini pada kulit.

Jadi, matcha layak untuk dimasukkan ke dalam rejimen perawatan kulit Anda guna menunda tanda-tanda penuaan.

3. Melawan peradangan

Manfaat matcha untuk kecantikan kulit yang ketiga yaitu melawan peradangan.

Selain menjaga warna kulit tetap merata dan menjaga kulit tetap kenyal, antioksidan dalam matcha juga mampu mengurangi peradangan pada kulit.

Oleh sebab itu, Anda bisa mempertimbangkan matcha untuk membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan kemerahan.

Baca Juga: Tak Selalu Buruk, Ketahui 5 Manfaat Melamun untuk Kehidupan Sehari-Hari

4. Mengontrol jerawat

Manfaat matcha untuk kecantikan kulit yang keempat yaitu mengontrol jerawat. Kemampuan matcha dalam mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit akan sekaligus mengendalikan jerawat.

Jerawat sendiri merupakan hasil dari produksi sebum yang lebih tinggi pada kulit. Dan, matcha dapat membantu mencegah jerawat dengan cara mengurangi produksi sebum.

Jika Anda bermasalah dengan kulit yang rentan berjerawat, mungkin inilah saatnya bagi Anda untuk mulai minum matcha.

5. Merawat kulit berminyak

Manfaat matcha untuk kecantikan kulit yang kelima yaitu merawat kulit berminyak. Kulit berminyak merupakan PR tersendiri bagi para pemiliknya.

Apabila produksi minyak pada kulit semakin meningkat, maka kesempatan jerawat untuk muncul pun menjadi lebih besar. Untuk mencegahnya, matcha dapat Anda jadikan sebagai salah satu solusi.

Pasalnya, matcha memiliki kemampuan untuk membantu merawat kulit berminyak dengan cara mengecilkan pori-pori dan memperlambat produksi minyak.

Demikian 5 manfaat matcha untuk kecantikan kulit. Selain memanfaatkannya dengan cara diminum, matcha juga bisa Anda jadikan sebagai toner, face scrub, hingga masker.

Apabila Anda berminat untuk sekadar meminumnya, selalu ingat untuk tidak meminum matcha lebih dari 2 kali sehari ya. Hal ini dilakukan untuk mencegah sakit kepala dan perasaan lekas marah akibat kafein yang berlebihan dari matcha. Selain itu, hindari juga untuk minum matcha saat perut masih kosong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News