HOME, Bugar

4 Bahan Alami yang Bisa Meredakan Wasir

4 Bahan Alami yang Bisa Meredakan Wasir

MOMSMONEY.ID - Mengidap wasir atau hemoroid tentu membuat tidak nyaman, apalagi saat duduk dan telentang. Wasir terbentuk ketika pembuluh darah di anus dan rektum membengkak sehingga menyebabkan rasa sakit, gatal, hingga pendarahan.

Ada dua jenis hemoroid, yaitu internal dan eksternal. Dilansir dari Healthline, hemoroid internal terbentuk di anus bagian dalam, sedangkan eksternal terbentuk di anus bagian luar.

Gejala wasir biasanya mudah diredakan dengan obat yang dimasukan ke dalam dubur. Namun, sebenarnya Anda bisa mengurangi gejala wasir dengan perawatan sederhana menggunakan bahan-bahan alami. 

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi BAB Bayi Berdarah

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala wasir:

1. Air hangat

Mandi di bak menggunakan air hangat dapat meringankan iritasi pada wasir. Anda dapat menggunakan sitz bath atau bathtub.

Menurut Harvard Health, berendam menggunakan air hangat selama 20 menit setiap buang air besar akan sangat efektif. Menambahkan garam epsom akan membantu meringankan nyeri.

2. Kompres dingin

Cobalah kompres dingin dengan menggunakan es pada bagian anus selama 15 menit. Ini bisa membantu dalam meringankan bengkak.

Untuk wasir yang besar dan nyeri, tips ini akan sangat membantu. Balutlah es dalam lap terlebih dahulu sebelum mengompres, dan jangan taruh sesuatu yang beku langsung pada kulit.

Baca Juga: Waspada! Kenali Penyebabnya Jika Anda Mengalami BAB berdarah

3.  Lidah buaya

Gel lidah buaya sering digunakan untuk mengobati wasir dan masalah kulit lainnya. Bahan yang satu ini dinilai punya sifat anti-inflamasi sehingga membantu mengurangi iritasi. National Center for Complementary and Integrated Health, mengeksplorasi pengobatan komplementer dan alternatif, mencantumkan lidah buaya sebagai pengobatan wasir yang aman digunakan. 

4. Minyak kelapa

Selain lidah buaya, minyak kelapa juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Dilansir dari Mayo Clinic, sifat analgesik (penghilang rasa sakit) minyak kelapa dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh wasir.

Minyak kelapa juga dapat membantu meredakan sembelit yang bisa memperparah wasir. Caranya, kamu bisa memasak menggunakan minyak kelapa atau mengoleskan minyak tersebut ke area wasir dengan bola kapas.

Anda juga bisa menambahkan minyak kelapa ke dalam rendaman air hangat untuk mendapatkan manfaatnya. 

5. Gunakan posisi jongkok saat BAB

Posisi jongkok dapat memudahkan saat buang air besar. Hal ini akan membantu Anda dalam memberikan dorongan lebih baik, sehingga tidak perlu berlama-lama di toilet.  Apabila Anda buang air besar, pastikan memberikan tekanan yang ringan, jangan mengejan terlalu berlebihan. Hal ini akan dapat mengurangi rasa sakit.

Demikian beberapa cara sederhana untuk mengobati atau meredakan wasir atawa ambeien. Untuk ambeien yang tidak dapat ditangani lebih dari dua minggu, janganlah menunda untuk berkonsultasi dengan dokter. Cegahlah wasir dengan tetap aktif dan makan makanan yang sehat, sehingga buang air besar selalu lancar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News