Keluarga

3 Makanan yang Paling Umum Menyebabkan Gigi Anak Berlubang, Patut Dihindari!

3 Makanan yang Paling Umum Menyebabkan Gigi Anak Berlubang, Patut Dihindari!

MOMSMONEY.ID - Menjaga kesehatan gigi anak tidak hanya dilakukan dengan mendorong anak untuk rutin menggosok gigi dan melakukan flossing menggunakan benang gigi. Tetapi orang tua juga perlu membiasakan anak untuk menghindari makanan dan minuman yang buruk bagi kesehatan gigi mereka.

American Dental Association mencatat bahwa makanan memiliki dampak yang besar bagi kesehatan gigi anak secara keseluruhan. Dibandingkan orang dewasa, anak-anak lebih rentan mengalami gigi berlubang dan masalah gigi lainnya akibat pola makan sehari-hari.

Dilansir dari laman Tooth Fairy Pediatric Dental, inilah 3 makanan yang paling umum menyebabkan gigi anak berlubang yang patut dihindari.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini 5 Persiapan Wajib untuk Menyambut Persalinan

1. Permen kenyal

Gummy bear

Permen terutama permen kenyal tinggi akan kandungan gula yang mana gula merupakan salah satu makanan yang buruk untuk gigi. Tekstur permen kenyal yang lengket rentan tersangkut di celah-celah gigi sehingga tidak heran jika camilan manis ini termasuk salah satu penyumbang terbesar dari masalah gigi berlubang pada anak.

Permen kenyal seperti karamel atau gummy candy cenderung menempel lebih lama pada gigi. Apabila terus dibiarkan, sisa-sisa permen yang menempel pada gigi tersebut akan melarutkan email gigi dan menyebabkan pembusukan.

2. Camilan berbahan tepung

Roti putih

Camilan berbahan tepung seperti keripik, kue, dan roti tergolong makanan yang umum menyebabkan gigi berlubang pada anak-anak. Dalam camilan berbahan tepung, terdapat pati yang mudah terurai menjadi gula sederhana. Tidak jauh berbeda dengan permen, pati cenderung menempel di gigi untuk waktu yang lama dan bisa menjadi permukaan bagi pertumbuhan bakteri jahat yang menyebabkan kerusakan gigi.

Pati yang lengket dan menempel di gigi memang bisa dihilangkan dengan cara menyikat gigi dan menggunakan benang gigi, namun terkadang itu tidak selalu efektif. Untuk pembersihan yang maksimal, doronglah anak Anda untuk berkumur dengan air dingin setidaknya setengah jam setelah makan camilan bertepung.

Moms, meskipun mengonsumsi beberapa jumlah pati sebagai bagian dari asupan karbohidrat harian merupakan hal yang dianjurkan, namun penting untuk memprioritaskan camilan berbahan gandum utuh daripada tepung putih. Gandum utuh sendiri termasuk karbohidrat kompleks yang cenderung tidak menyebabkan gigi berlubang.

3. Buah-buahan sitrus dan jus tinggi gula

Jus buah

Buah-buahan sitrus seperti jeruk dan lemon adalah sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan anak. Di sisi lain, buah-buahan ini juga berisiko menyebabkan gigi berlubang pada anak. Ini karena buah-buahan sitrus sangat asam dan bisa mengikis email gigi anak dalam jangka waktu yang lama.

Penyebab gigi berlubang lainnya selain buah-buahan sitrus adalah jus kemasan. Kendati jus kemasan terbuat dari buah-buahan yang sehat dan dianjurkan untuk anak-anak, namun minuman ini mengandung kadar gula yang tinggi. Sebagai gantinya, doronglah anak Anda untuk minum lebih banyak air putih atau susu alih-alih jus tinggi gula.

Moms, itulah 3 makanan yang berisiko menyebabkan gigi berlubang pada anak. Memahami jenis makanan yang buruk untuk gigi anak sebaiknya dibarengi juga dengan mencari tahu jenis makanan yang baik untuk kesehatan gigi anak. Adapun makanan yang baik untuk gigi anak di antaranya sebagai berikut:

  • Apel
  • Telur
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Wortel
  • Sayuran berdaun hijau
  • Susu
  • Keju
  • Yogurt rendah gula

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News